web analytics
  

Obat Kumur Kurangi Risiko Terjangkit Corona? Cek Faktanya

Jumat, 15 Mei 2020 14:32 WIB

Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah laporan baru telah menemukan bahwa obat kumur memiliki potensi untuk melindungi terhadap Corona Covid-19 dengan membunuh virus sebelum dapat menginfeksi sel manusia.

Sebuah tim peneliti internasional mengatakan, obat kumur dapat menghancurkan lapisan terluar atau 'amplop' virus, mencegahnya berkembang biak di mulut dan tenggorokan.

Para ilmuwan mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk menguji efektivitas obat kumur dalam percobaan, tetapi saat ini tidak ada bukti klinis bahwa obat itu akan berhasil.

AYO BACA: Empat Alasan Istri Selingkuh

AYO BACA: Alasan Ilmiah Mengapa Pria Gemar Selingkuh

AYO BACA: Survei: Profesi yang Cenderung Mudah Berselingkuh

Dilansir dair Metro UK, Sunny Sihra, dokter gigi dan pendiri The SimplyTeeth Clinic, tidak berpikir sudah waktunya untuk mulai membeli obat kumur dalam jumlah besar.

"Meskipun berita ini menarik karena berbagai alasan, saya tidak berpikir orang harus mulai berpikir bahwa obat kumur saja akan menyembuhkan mereka dari coronavirus, atau mengurangi penyebaran virus," kata Sunny.

"Ada banyak alasan mengapa obat kumur dapat membantu mengurangi transmisi, namun saya merasa masih sebagian besar wilayah abu-abu sehingga sulit untuk mengatakan 100% jika ini masalahnya," kata dian.

Dia melanjutkan, secara umum sangat penting untuk memastikan seorang menjaga kesehatan mulutnya saat ini, mengadopsi rutinitas pagi dan malam yang tepat dengan gigi Anda sangat penting sehingga Anda tidak membahayakan kesehatan mulut Anda.

Sunny mengatakan, sebagian besar obat kumur mengandung alkohol, yang merupakan bahan yang sama dengan sanitiser tangan—yang berfungsi untuk membunuh bakteri jahat.

AYO BACA: Dunia Maya Picu Perselingkuhan yang Berakibat Perceraian

AYO BACA: Ini Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

AYO BACA: Selingkuh, Ibu Ini Melahirkan Anak Kembar Beda Ayah

"Jadi ini bisa berarti bahwa jika Anda menggunakan obat kumur dua kali sehari, Anda meningkatkan peluang Anda untuk membunuh tetesan yang mungkin ada di mulut Anda," kata Sunny.

Namun perlu digarisbawahi bahwa ini sebagian besar spekulasi. Kemudian, bahan dasar kebanyakan gigi obat kumur termasuk cetylpyridinium, Chlorhexidine, chloride, Hydrogen peroxide dan povidone-iodine dan semuanya memiliki potensi untuk mencegah infeksi dan membunuh bakteri jahat, tetapi tentu saja penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk dapat mengonfirmasi hal ini.

"Jadi, sebenarnya obat kumur adalah hal yang baik untuk digunakan untuk kesehatan mulut umum Anda, tetapi tidak mungkin hanya obat kumur yang dapat melindungi Anda dari coronavirus, atau menyembuhkan Anda," kata dia.

AYO BACA: 2 Jenis Perselingkuhan versi Dr Boyke

AYO BACA: Istri Punya 8 Selingkuhan, Suami Nekat Lakukan Hal ini

AYO BACA: Suami Wanita Ini Selingkuh dengan Bridesmaid Sehari Sebelum Nikah

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers