web analytics
  

6 Tanda Hormon Tak Seimbang, Termasuk Hilang Gairah Seksual

Jumat, 15 Mei 2020 14:08 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 6 Tanda Hormon Tak Seimbang, Termasuk Hilang Gairah Seksual, 6, Tanda, Hormon Tak Seimbang, hormon, tidak seimbang, Hilang, Gairah Seksual,

[Ilustrasi] Gairah seks akan menurun karena hormon tidak seimbang. (Pixabay)

Gairah seks akan menurun karena hormon tidak seimbang.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ketidakseimbangan hormon dapat membuat seseorang mengalami berbagai gangguan kesehatan maupun psikologis. Hal itu karena keseimbangan hormon merupakan kunci penting yang menentukan suasana hati, kesehatan, dan kesuburan seseorang.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon seseorang. Sebagian besar ketidakseimbangan hormon terjadi pada masa menopause, pubertas, atau perimenopause.

Namun, di luar masa tersebut, ketidakseimbangan hormon tetap bisa terjadi. Gaya hidup yang tidak sehat, penggunaan pil kontrasepsi, siklus menstruasi, stres, bahkan kehamilan, semua itu dapat menyebabkan masalah ketidakseimbangan hormon.

Inilah 6 tanda paling umum yang mungkin terjadi karena ketidakseimbangan hormon, seperti dilansir dari laman Healthy Food House:

1. Perubahan suasana hati

AYO BACA : Tak Hanya Wanita, Pria Juga Dapat Alami Ketidakseimbangan Hormon

Salah satu gejala paling umum yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon adalah perubahan suasana hati. Rasa bahagia, sedih, bahkan marah yang datang tanpa alasan, adalah tanda-tandanya. Sebagian besar gejala-gejala ini muncul selama siklus menstruasi, tapi bisa juga muncul selama menopause.

2. Sering merasa lapar

Berat badan bertambah tanpa alasan, terus-menerus merasa lapar, selalu mengidam makanan tertentu, itu semua akibat ketidakseimbangan hormon. Sebagian besar orang yang memiliki ketidakseimbangan hormon akan mendambakan gula. Ini terjadi karena kadar hormon ghrelin lebih tinggi dari yang seharusnya, dan hormon inilah yang merangsang dan meningkatkan nafsu makan kita.

 

3. Kehilangan gairah seksual

Dorongan seks Anda mungkin menurun karena ketidakseimbangan hormon, karena hormon yang diproduksi untuk tiroid, estrogen, dan testosteron menjadi tidak seimbang.

AYO BACA : 5 Makanan Sehat untuk Perangi Pertumbuhan Jerawat Hormonal

Ketidakseimbangan hormon ini juga dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, yang dapat membuat hubungan seksual terasa sangat menyakitkan dan tidak menyenangkan.

4. Kelelahan

Merasa kelelahan sepanjang waktu, semua ini mungkin disebabkan karena terlalu banyak kortisol di dalam tubuh Anda. Kortisol adalah hormon yang dapat menyebabkan perasaan stres.

5. Insomnia

Kesulitan tidur dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Masalah insomnia ini paling banyak dialami tepat setelah seseorang mengalami menopause.

Ketidakseimbangan ini juga dapat menyebabkan Anda banyak berkeringat saat tidur. Jika kadar kortisol Anda lebih tinggi dari rata-rata, dan kadar estrogen dan progesteron lebih rendah dari rata-rata, Anda tidak akan bisa mendapatkan istirahat yang baik saat tidur.

6. Berat badan naik terus

Jika Anda menjalani kehidupan yang sehat, Anda berolahraga, juga Anda menjalani diet yang sangat sehat, namun berat badan Anda justru terus naik, itu mungkin disebabkan oleh beberapa ketidakseimbangan hormon. Ketika kadar hormon berada pada level normal, kenaikan berat badan diatur oleh metabolisme kita.

Namun, jika ada beberapa ketidakseimbangan dalam hormon Anda, tubuh Anda tidak akan dapat memproduksi atau membakar semua lemak dan kalori yang Anda konsumsi. Saat itulah sebagian besar lemak akan terakumulasi di daerah perut, karena tubuh Anda memiliki lebih banyak kortisol dan estrogen daripada rata-rata.

AYO BACA : Penting, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon pada Tubuh

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers