web analytics
  

Cara Membersihkan Sepatu hingga Tas Kulit yang Berjamur

Jumat, 15 Mei 2020 13:07 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Cara Membersihkan Sepatu hingga Tas Kulit yang Berjamur, Cara Membersihkan Sepatu, sepatu berjamur, sepatu kulit berjamur, Tas Kulit Berjamur,

Barang bermerek jamuran di Mal akibat Lockdown. (Facebook/Nex Nezum)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Seorang pengguna Facebook dengan akun Nex Nezeum membagikan foto yang membuat warganet terkejut, yaitu barang-barang bermerek di pusat perbelanjaan berjamur akibat toko tidak dibuka dua bulan selama lockdown.

Menurut dugaan, insiden yang terjadi di Malaysia ini terjadi ruangan lembap serta lampu yang dimatikan selama toko tutup.

AYO BACA: Dunia Maya Picu Perselingkuhan yang Berakibat Perceraian

AYO BACA: Ini Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

AYO BACA: Selingkuh, Ibu Ini Melahirkan Anak Kembar Beda Ayah

Berdasarkan laman milik pemerintahan Kanada, Canada.ca, kulit asli dan imitasi sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur. Spora jamur yang berada di udara dapat tumbuh apabila lingkungan cocok.

Kelembapan relatif (Relative Humidity atau RH) untuk pertumbuhannya adalah antara 65% hingga 100%, suhu hangat, dan sirkulasi udara yang buruk dapat mendorong pertumbuhan jamur.

Umumnya, jamur akan tumbuh setelah dua hari pada 90% hingga 100% RH, 10 hari pada 80% RH dan 100 hari pada 70% RH.

Dilansir The Spruce, hanya diperlukan satu spora untuk memulai koloni jamur. Karena itu, penting untuk menghilangkannya sesegera mungkin.

AYO BACA: Kapan Perempuan Selingkuh?

AYO BACA: Diselingkuhi Itu Sakit, Sembuhkan dengan 4 Cara Move On Ini

AYO BACA: Pria Jepang Ini Habiskan Rp260 Juta untuk Nikahi Hologram

Jika tidak segera diatasi, pertumbuhan ini dapat merusak permukaan kulit secara permanen, menghitamkan kulit berwarna cerah, dan mudah menyebar ke barang-barang lainnya.

Cara membersihkan barang dengan bahan kulit yang berjamur

1. Di luar ruangan

Jika memungkinkan, bawa benda berjamur ke luar ruangan untuk mencegah penyebaran spora. Gunakan sikat berbulu halus atau kain kering dan bersih untuk menghilangkan spora pada benda.

Gunakan disinfektan untuk membunuh tempat-tempat benda-benda tersebut disimpan untuk membunuh spora jamur.

2. Membunuh spora

Gunakan campuran air dingin dan alkohol gosok (isopropil alkohol) untuk membersihkan seluruh bagian benda yang berjamur. Setelah itu, bersihkan lagi dengan kain bersih yang dibasahi dengan air biasa.

Biarkan barang tersebut mengering, jauh dari panas langsung atau di bawah sinar matahari.

3. Bersihkan permukaan

Campur larutan detergen dan air hangat di dalam ember. Gunakan kain atau spons bersih untuk menyeka seluruh permukaan kulit dan kulit imitasi. Gunakan kain terpisah yang dicelupkan ke dalam air biasa untuk membersihkan sisa-sisa sabun.

AYO BACA: Cuma Rp 11 Jutaan, Ini Motor Baru Honda yang Disebut-sebut Mirip BeAT

AYO BACA: Ini Spesifikasi Realme C3, Ponsel Murah untuk Main Game

AYO BACA: Terbilang Murah, Realme 6 Punya RAM 8 GB dan Kamera 64 MP

4. Udara kering

Letakkan benda di permukaan rata agar kering. Sekali lagi, jangan letakkan benda di dekat panas langsung atau di bawah sinar matahari.

Anda dapat menggunakan kipas angin untuk mengeringkannya.

5. Rekondisi kulit

Kulit adalah produk alami dengan minyak yang harus dipertahankan atau permukaannya bisa pecah. Setelah benda kulit benar-benar kering, gunakan kondisioner kulit untuk mengembalikan ke tekstur sebelumnya. Ikuti instruksi produk untuk digunakan.

Pemerintah Kanada memperingatkan bahwa jamur merupakan masalah kesehatan serius. Setiap upaya harus dilakukan untuk membatasi paparan manusia terhadapnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/nAypkP2uC6U" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

"Peralatan perlindung diri (APD) harus dipakai saat menangani benda kulit berjamur. Orang dengan alergi, kondisi pernapasan atau sistem kekebalan tubuh yang rendah tidak boleh bersentuhan dengan bahan yang terkena atau di mana jamur berada," imbau Canada.ca.

Level minimum APD cocok untuk sejumlah kecil jamur adalah respirator sekali pakai N95 atau N100, sarung tangan sekali pakai, celemek sekali pakai, dan kacamata rapat. Jika jumlah jamur yang terlihat lebih luas, dibutuhkan tingkat perlindungan pribadi yang lebih besar.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers