web analytics
  

Sambangi Bandung Zoo, Bamsoet Berikan Bantuan Pangan Satwa

Jumat, 15 Mei 2020 13:04 WIB Vina Elvira
Bandung Raya - Bandung, Sambangi Bandung Zoo, Bamsoet Berikan Bantuan Pangan Satwa, Berita Bandung, Bandung hari ini, ayoBandung, Bandung Zoo

Penyerahan bantuan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kepada Bandung Zoo pada Jumat (15/5/2020). (Ayobandung.com/Vina Elvira)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo menyambangi Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung, pada Jumat (15/5/2020) pagi. Ia turut memberikan bantuan pangan kepada ratusan satwa yang terkena dampak pandemi Covid-19. 

"Kedatangan saya ke sini adalah dalam rangka ingin menggugah para pengusaha atau masyarakat lain yang kebetulan dalam situasi ini ekonominya masih longgar, untuk memberikan perhatian kepada kebun binatang atau lembaga konservasi hewan ini," ucap pria yang akrab disapa Bamsoet saat menyapa wartawan di kawasan Bandung Zoo.

Bamsoet menuturkan, konservasi hewan atau kebun binatang, merupakan salah satu kawasan wisata yang menanggung beban cukup berat akibat adanya pandemi ini. Tidak hanya sumber daya manusianya saja yang terdampak, tapi, kata dia, kehidupan satwa di dalamnya pun ikut terancam. 

AYO BACA : Begini Kondisi Bandung Zoo yang Mati Suri Selama Pandemi Covid-19

"Tapi kalau kebun binatang terhenti, selain karyawan ada juga satwa yang dilindungi dunia terancam punah karena suplai makanan menjadi terhenti," sambung Bamsoet. 

Pengelola, ungkap dia, tidak hanya memikirkan nasib dari sumber daya manusianya saja, tetapi masih harus memastikan kehidupan para satwa di dalamnya tetap terjamin, meskipun operasional kebun binatang dihentikan untuk waktu yang cukup lama.

"Selama ini kehidupan kebun binatang makanan untuk satwa-satwa yang ada di dalamnya itu mengandalkan daripada penjualan tiket pengunjung. Jadi otomatis ketika ditutup tidak ada pemasukan," kata dia. 

AYO BACA : Terdampak Covid-19, Puluhan Pekerja Bandung Zoo Dirumahkan

"Tapi mau tidak mau harus dipenuhi karena apabila tidak makan, dia akan punah karena kita meniliki kewajiban menjaga kelestarian hewan atau satwa tersebut," lanjutnya. 

Menurutnya, pakan para satwa itu membutuhkan dana yang jauh lebih besar daripada asupan untuk manusia. Oleh karenanya, dia tergugah untuk memberikan bantuan kepada para satwa di Bandung Zoo. 

"Bisa menjadi bapak angkat daripada binatang yang ada, memberikan bantuan makanan dalam kurun waktu tertentu atau daripada masa pandemi Covid-19 ini," ujarnya. 

Bantuan yang diberikan, ungkap Bamsoet, berupa 1.000 ekor ayam untuk pakan para satwa dan paket sembako untuk para karyawan yang bekerja di Bandung Zoo. 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/nAypkP2uC6U" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Oded Menangis Tanggapi Hewan Bandung Zoo yang Terancam Kelaparan

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers