web analytics
  

5 Trik Gmail yang Jarang Diketahui, Bisa Kirim Email dengan Kode

Jumat, 15 Mei 2020 13:05 WIB M. Naufal Hafizh

Gmail. (Pixabay/Gabrielle_cc)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah pengguna Gmail mungkin belum mengoptimalkan fitur-fitur di Gmail, salah satunya mengirim email dengan kode verifikasi.

Padahal, berbagai fitur Gmail dapat membantu meningkatkan produktivitas pengguna. Dilansir dari Lifehack.org, Kamis (14/5/2020), berikut 5 hacks Gmail yang dapat meningkatkan produktivitas:

1. Membatalkan email yang terkirim

Kesalahan email sangat umum terjadi. Menurut survei AOL, sekitar 32% pengguna secara tidak sengaja mengirimkan email yang salah.

AYO BACA: Unik! Alarm Mobil Bisa Deteksi Sopir yang Mengantuk

AYO BACA: Unik! Hotel Berbentuk Kentang Raksasa, Yuk Intip Isinya

AYO BACA: Unik! Seorang Anak di Bandungkidul Miliki Warna Mata Berubah-ubah

Email yang salah kirim dapat menimbulkan kesan buruk sebagai seorang profesional atau bahkan dapat merusak karier pengguna.

Karena itu, Gmail menciptakan fitur yang dapat membantu untuk membatalkan email yang terkirim dalam rentang waktu hingga 30 detik.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan akun Gmail > aktifkan tombol Undo Send > atur periode pembatalan sesuai keinginan pengguna.

2. Email penghancuran diri

Gmail telah mengembangkan skrip perangkat lunak khusu yang menciptakan fitur penghancuran diri. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan time ke email dan itu akan dihancurkan sendiri setelah jangka waktu tertentu.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/dMhqals8Tm8" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Fitur ini membantu ketika pengguna tidak ingin email diteruskan ke orang lain. Untuk melakukannya, klik pada ikon gembok dekat tombol kirim sebelum mengirim email. Tab baru bernama Confidential mode akan terbuka dengan opsi Set Expiration.

AYO BACA: Unik! Bayi Kembar di India Diberi Nama Corona dan Covid

AYO BACA: Unik! Salon di Kenya Ciptakan Gaya Rambut Corona

AYO BACA: Sering Tak Disadari, Kenali Ciri Anda Berada dalam Toxic Relationship

3. Kirim email dengan kode verifikasi

Cconfidential mode juga memungkinkan pengguna untuk mengirim email dengan enkripsi verifikasi yang dikirim melalui SMS ke penerima.

Ini akan memberikan lapisan keamanan tambahan untuk email pengguna. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat memastikan bahwa email itu hanya dibaca oleh penerima yang dimaksud.

4. Alternatif keyboard

Jika pengguna menggunakan komputer dekstop atau laptop untuk memeriksa email, pengguna dapat menggunakan pintasan dari keyboard untuk meningkatkan produktivitas.

Pengguna dapat menggunakan tombol alfabet "N" untuk membaca pesan berikutnya dan "P" untuk membaca pesan sebelumnya. Pengguna juga dapat menahan tombol Ctrl + Enter untuk mengirim pesan. Untuk menggunakan alternatif keyboard, pengguna harus mengaktifkannya dari Pengaturan Gmail > General > pada bagian Keyboard shortcuts pilih opsi Keyboard shortcuts on.

AYO BACA: 2 Jenis Perselingkuhan versi Dr Boyke

AYO BACA: Istri Punya 8 Selingkuhan, Suami Nekat Lakukan Hal ini

AYO BACA: Suami Wanita Ini Selingkuh dengan Bridesmaid Sehari Sebelum Nikah

5. Reply All

Terkadang beberapa pengguna lupa untuk memilih opsi "Reply All" atau Balas Semua saat mengirim balasan email ke beberapa penerima. Namun, Gmail memberikan solusi untuk masalah ini.

Pengguna dapat mengeklik pada tab Pengaturan dan akses General tab. Gulir ke bawah dan pilih opsi Default Reply Behaviour kemudian pilih opsi Reply All. Setelahnya opsi Reply All atau Balas Semua akan menjadi opsi default yang dipilih saat membalas email ke beberapa penerima.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers