web analytics
  

Ada Jual Surat Bebas Corona, Ini Penjelasan Tokopedia

Kamis, 14 Mei 2020 18:53 WIB
Bisnis - Finansial, Ada Jual Surat Bebas Corona, Ini Penjelasan Tokopedia, Tokopedia, Jual Surat Bebas Corona,

Logo Tokopedia. (istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Beredar tangkapan layar surat sehat bebas Covid dijual di platform Tokopedia. Tokopedia memastikan bahwa belum ada transaksi atas penjualan surat bebas Covid-19 tersebut.

AYO BACA : Surati Pengguna, Tokopedia Ngaku Data Dicuri Peretas

"Terkait ditemukannya surat pernyataan sehat dari virus Covid-19 di platform Tokopedia, kami ingin menginformasikan bahwa tidak terjadi transaksi atas produk ini," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).

AYO BACA : Data Pelanggan Bocor, Tokopedia dan Menkominfo Digugat

Ekhel menegaskan, bahwa pihaknya telah melarang produk tersebut maupun toko yang menjajakan surat tersebut tayang maupun dapat terlihat Tokopedia.

"Tokopedia telah melarang tayang produk dan/atau toko yang melanggar tersebut," kata Ekhel.

Walau Tokopedia bersifat UGC yakni setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri, pihak manajemen tetap tidak akan pernah mendukung praktik tidak bertanggung jawab ini. "Aksi proaktif pun terus kami lakukan untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku," kata dia.

Tangkapan layar surat sehat bebas Covid-19 itu sempat beredar dijual di Tokopedia dengan harga Rp70.000. Pada surat tersebut sangat jelas menggunakan kop surat milik RS Mitra Keluarga Gading Serpong Tangerang.

AYO BACA : Setelah Tokopedia, 13 Juta Data Pengguna Bukalapak Juga Dikabarkan Bocor

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers