web analytics
  

6 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Kamis, 14 Mei 2020 15:13 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Buah kaleng, salah satu jenis makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi. (pixabay/stevepb)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga kematian.

Tekanan darah merupakan kekuatan yang diberikan oleh darah ke dinding pembuluh darah. Tekanannya tergantung pada pekerjaan yang dilakukan oleh jantung dan resistensi pembuluh darah.

Hipertensi dan penyakit jantung merupakan masalah kesehatan global. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusulkan bahwa pertumbuhan industri makanan olahan telah memengaruhi jumlah garam dalam makanan di seluruh dunia yang berperan dalam hipertensi.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan menyantap makanan, terutama jika menderita hipertensi.

Menurut Kementerian Kesehatan RI yang dirangkum dari cuitan akun Twitternya @p2ptmkemenkesRI, berikut 6 kelompok makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi.

1. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam dapur, baking powder, soda. Contohnya biskuit, roti, kue, keripik atau makanan yang memiliki cita rasa asin.

2. Bumbu dapur yang mengandung kecap, maggi, penyedap rasa, sambal botol, dan saus tomat.

3. Makanan yang diolah dengan garam dapur termasuk yang diawetkan seperti ikan asin, dendeng, sosis, abon, udang kering, ebi, terasi, telur asin, acar, asinan, tauco, telur pindang, daging asap, dan nugget.

4. Makanan yang diawetkan dalam kaleng seperti ikan sarden, kornet, sosis, termasuk sayur dan buah kaleng.

5. Minuman berkarbonasi dan soda.

6. Produk olahan susu, seperti margarin, mentega, dan keju.

Itulah makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk rutin kontrol ke dokter ya!

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers