web analytics
  

4 Bahan Alami Ini Ampuh Perangi Jerawat di Wajah

Kamis, 14 Mei 2020 10:58 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, 4 Bahan Alami Ini Ampuh Perangi Jerawat di Wajah, jerawat di punggung, nasional, kesehatan, hilangkan jerawat, khasiat kunyit, herbal penghilang jerawat, bahan alami penghilang jerawat

Kunyit (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Terkadang, hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengobati jerawat adalah beralih ke bahan-bahan alami dan pengobatan rumahan yang jauh dari bahan-bahan kimia berbahaya.  Banyak dari bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan di rumah, yang nyatanya ampuh menyelesaikan persoalan jerawat membandel di wajah Anda.

Sebelum mencoba beberapa resep perawatan wajah secara alami, alangkah baiknya Anda cari tahu dulu bahan apa saja yang ternyata ampuh mengobati permasalahan kulit Anda yang satu ini. Melansir dari Femina.in (6/5/2020) berikut 4 bahan alami yang tepat untuk merawat wajah berjerawat:

1. Kunyit

Salah satu rempah yang paling umum digunakan dalam masakan, adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengobati jerawat.  Dipercaya, bahwa kunyit mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang ampug membunuh kuman penyebab jerawat dan juga menenangkan kondisinya, serta mencegahnya semakin parah.

Kunyit juga populer karena manfaatnya untuk memudarkan bekas serta mencerahkan kulit wajah. Ini menjadikannya bahan yang bagus untuk dipilih.

AYO BACA : 5 Resep Masker Kulit Pisang Guna Tuntaskan Masalah Jerawat hingga Tanda Penuaan

"Kunyit memiliki senyawa curcumin, yang dikenal sebagai antioksidan dan pelindung kulit, yang dapat membantu menenangkan iritasi kulit dan mengendalikan pertumbuhan jerawat. Mengoleskan kunyit ke daerah berjerawat, dapat menenangkan kondisi kulit yang sedang meradang. Ini membantu meratakan warna kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat, ”kata para ahli kulit dari WOW Skin Science.

2. Cuka sari apel

Cuka Sari Apel atau ACV merupakan bahan antibakteri yang kuat. Ini dapat digunakan untuk membersihkan kulit secara menyeluruh, mengencangkan pori-pori, dan membunuh semua kuman tanpa mengganggu keseimbangan pH kulit. Asam malat yang ditemukan dalam ACV juga dikenal sebagai pengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah.

“Cuka sari apel membantu mengendalikan produksi sebum berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Sifat asam dari cuka sari apel juga membantu mengurangi pertumbuhan jerawat. Namun hindari penggunaan cuka sari apel langsung ke kulit Anda, karena dapat membuatnya iritasi. Encerkan cuka dengan air dan gunakan untuk membilas wajah Anda, atau gunakan produk perawatan wajah yang diresapi dengan cuka sari apel," ungkap ahli kulit di WOW Skin Science.

3. Gel lidah buaya

AYO BACA : Ini 5 Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi yang Perlu Anda Tahu

Lidah buaya merupakan satu dari beberapa bahan alami yang cocok digunakan semua jenis kulit, terutama untuk kulit sensitif. Lidah buaya adalah solusi alami yang ampuh dalam mengobati jerawat. Gel lidah buaya juga kerap digunakan untuk menenangkan luka bakar atau kulit yang teriritasi, tetapi ampuh juga untuk menenangkan jerawat dan mencegahnya menyebar.

Kaya akan antioksidan bersama dengan sifat antibakteri dan anti-inflamasi, gel lidah buaya dapat digunakan langsung pada kulit yang terkena jerawat.

"Lidah buaya adalah obat alami yang sudah teruji untuk jerawat. Ini adalah zat alami, dan dapat menarik kotoran seperti minyak berlebih sehingga dapat mencegah berjerawat. Lidah buaya juga mengandung saponin, yang merupakan komponen pelawan jerawat yang paling kuat. Itu tidak hanya membunuh virus kulit dan bakteri yang mengarah langsung ke jerawat, tetapi bekerja untuk menyumbat pori-pori kulit, " kata pendiri dan direktur Skinella, Dolly Kumar.

4.  Tea tree oil

Minyak alami ini adalah solusi pengobatan jerawat yang cukup populer, berkat sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dimilikinya. Tea tree oil berfungsi meredakan peradangan, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit wajah yang berjerawat.

Selain itu, minyak ini juga dikenal untuk melembbkan kulit kering, menjaga kulit berminyak tetap terkendali, dan menenangkan kondisi kulit yang gatal.

"Tea tree oil memiliki sifat antibakteri mengesankan yang dikenal sebagai terpene yang secara efektif menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi tingkat jerawat," kata pendiri dan direktur Skinella, Dolly Kumar.

AYO BACA : Usir Jerawat di Wajah dengan Ekstrak Chamomile

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers