web analytics
  

Luizinho Passos: Mental Jadi Aspek Utama Kiper Siap Turun Main

Kamis, 14 Mei 2020 08:00 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Pelatih kiper Persib Bandung Luizinho Passos. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Untuk menentukan kiper yang paling siap menjadi starter, pelatih kiper persib Bandung Luizinho Passos selalu melihat beberapa aspek yang dimiliki pemain. Maklum, peran penjaga gawang dalam sebuah permainan sepak bola adalah posisi yang paling sulit. 

Selain harus menjaga keperawanan gawang, seorang kiper dituntut untuk bisa mengomandoi lini pertahanan. Bahkan dalam  sepak bola modern, seorang penjaga gawang harus mampu membantu membangun serangan tim dari sektor lini pertahanan. 

Passos mengatakan, dalam pemilihan penjaga gawang utama dibutuhkan pernilaian dalam beberapa aspek, mulai dari fisik, teknik, hingga mental. Di skuat Maung Bandung sendiri, saat ini posisi penjaga gawang diperebutkan oleh I Made Wirawan, Teja Paku Alam, dan Dhika Bayangkara.

"Saya pikir aspek yang paling penting tentu saja fisik, teknik," kata Passos.

Namun pelatih asal Brasil itu menilai, aspek lain yang paling utama dan krusial dalam menentukan penjaga gawang dalam sebuah pertandingan adalah mental bertanding. Pasalnya menutut Passos, mental betanding yang kokoh dapat membantu aspek-aspek pendukung lainnya.

"Tapi untuk saya, aspek paling penting untuk memilih kiper menurut saya adalah mental. Ketika kamu memiliki mental yang kuat ada kemungkinan kiper akan bermain bagus dalam satu pertandingan," ujarnya.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers