web analytics
  

Jurnalis Cimahi Bagikan Paket Sembako dan Santapan Berbuka

Kamis, 14 Mei 2020 07:00 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Jurnalis Cimahi Bagikan Paket Sembako dan Santapan Berbuka, Berita cimahi, cimahi hari ini, Ayobandung, Ramadan, bantuan pangan

Jurnalis di Kota Cimahi membagi-bagikan santapan berbuka, Rabu (13/5/2020). (Ayobandung.com/Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Rasa prihatin atas banyaknya masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi corona telah menggugah jurnalis Kota Cimahi untuk menggelar bakti sosial. Para jurnalis membagi-bagikan paket bahan pokok dan nasi kotak kepada warga Kota Cimahi, Rabu (13/5/2020). 

Pembagian nasi kotak untuk buka puasa dan paket sembako diharapkan dapat sedikit membantu masyarakat di tengah kondisi yang tak menentu seperti saat ini.

Kegiatan penyaluran bantuan diawali dengan penyiapan bahan pangan 100 nasi kotak dan puluhan paket sembako di ruang pers DPRD Kota Cimahi Jalan Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi. Setelah itu, mereka menyusuri jalan untuk membagikan bantuan.

Bantuan didistribusikan kepada juru parkir, tukang becak, hingga warga kurang mampu yang ditemui di jalanan. Pelaksanaan penyaluran bantuan menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, dan menghindari kerumunan massa. 

Salah seorang Jurnalis Cimahi, Whisnu Pradana mengatakan, ide kegiatan tersebut muncul dari kondisi kesulitan masyarakat selama pandemi Covid-19 yang dilihat wartawan selama liputan. 

"Sehari-hari liputan melihat kondisi masyarakat yang kesulitan sangat banyak sehingga terbersit ingin melakukan sesuatu. Berbagi sedikit rejeki dengan masyarakat dalam kondisi saat ini," ujarnya.

Para jurnalis menggelar penggalangan dana untuk kegiatan tersebut. Sementara penyediaan bahan pangannya bekerja sama dengan masyarakat. 

"Kita udunan hingga uang terkumpul. Lalu menggandeng masyarakat untuk menyiapkan bahan pangan ini. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi penerima," katanya.

Cucu Sumiati, warga yang membantu menyediakan nasi kotak untuk baksos tersebut mengaku tak mengira mendapat ajakan untuk kebaikan. 

"Ternyata wartawan di tengah kesibukan masih mempedulikan masyarakat dan ingin berbagi. Saya salut dan terharu sehingga tidak pikir panjang langsung ikut serta membantu," ujarnya.

Menurut dia, makanan nasi kotak dibanderol hanya seharga Rp 10.000, namun lauk pauk di dalamnya memiliki kualitas dan rasa yang baik.

"Mungkin bagi kita nilai segitu murah, tapi saya optimalkan penggunaan uangnya sehingga makanan tetap bisa dinikmati dengan rasa dan kualitas yang baik untuk masyarakat," tuturnya. 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/_qli0FOR20I" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers