web analytics
  

6 Tip Bermain Asyik Bersama Si Kecil di Rumah saat Pandemi

Rabu, 13 Mei 2020 22:48 WIB Dadi Haryadi
Gaya Hidup - Sehat, 6 Tip Bermain Asyik Bersama Si Kecil di Rumah saat Pandemi, Bermain di Rumah, Anak Bermain di Rumah, Pandemi Covid-19,

Bersama Si Kecil di Rumah saat Pandemi. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Covid-19 menimbulkan kekhawatiran banyak pihak, termasuk orang tua kepada buah hatinya. Hingga Rabu (13/5/2020), pemerintah Indonesia mencatat total positif Covid-19 sudah menembus angka 15.438 kasus.

Pada akhirnya, memisahkan diri atau mengamini kebijakan pemerintah dengan melakukan social-physical distancing jadi pilihan bijak untuk menghindari penularan. Begitu pun ibu dengan sang buah hati, kiranya berdiam diri di rumah adalah pilihan yang paling tepat.

Namun, agar anak tak merasa bosan, orang tua harus pandai memutar otak dengan membuat kegiatan rumah sangat menyenangkan. Berikut sejumlah tip agar anak Anda tak merasa bosan berkegiatan di rumah saat Covid-19 masih mewabah di luar rumah.

Piknik di dalam rumah

Ketika Anda perlu diisolasi di rumah, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat berpiknik di taman bersama si kecil. Anda bisa piknik bahkan di halaman rumah.

Cukup ambil keranjang, lalu biarkan si kecil menaruh persediaan atau makanan dan minuman piknik yang mudah dikemas, seperti jus botolan, ceret, piring kertas, sendok dan garpu, dan serbet. Anda juga bisa menambahkan makanan yang menjadi favorit anak Anda.

Piknik memiliki manfaat memperkuat koneksi keluarga. Menu piknik yang dipilih juga bisa menjadi camilan sehat untuk anak-anak, seperti roti gandum ditambah buah atau yogurt.

Menonton film bersama

Aktivitas menyenangkan lainnya adalah menonton film. Anda dapat menggunakan layanan streaming film lalu mengumpulkan film yang cocok untuk anak-anak berdasarkan usia mereka. Anda juga dapat mendiskusikan informasi moral yang diambilnya dari film yang Anda tonton bersama si kecil.

Agar suasana semakin mengasyikan, Anda pun bisa mengatur ruang menonton lebih nyaman sehingga tak kalah daripada bioskop.

Membudayakan membaca

AYO BACA : Bermain Tingkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Jika Anda mencari kegiatan yang positif dan bisa dilakukan setiap hari di rumah bersama anak-anak, maka membaca adalah jawabannya. Menurut sebuah laporan di majalah Time, 15-20 menit sehari adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak sejak usia dini. Disarankan agar Anda membagi 20 menit menjadi beberapa bagian setiap hari. Misalnya, menjadi 4 sesi atau kegiatan membaca berlangsung sekitar 5 menit setiap sesinya.

Jika anak Anda belum terbiasa duduk saat membaca, pertimbangkan mengatur pertemuan membaca. Anda dapat menggunakan metode membaca yang berbeda untuk setiap sesi. Misalnya, Anda membacakan buku dengan suara lantang di sesi pertama, dan kemudian si anak membacakan ulang. Di sesi berikutnya, kegiatan membaca bisa sambil menunjukkan adegan-adegan dalam buku.

Memasak bersama

Tidak salah melibatkan anak dalam proses memasak. Si kecil tidak hanya menjadi akrab dengan berbagai makanan dan metode memasak, Anda juga bisa menyimak perkembangan si kecil lewat keterampilannya.

Mengutip Children’s Health, Ashley Kim, seorang ahli diet, mengatakan bahwa melibatkan kegiatan masak bersama anak sama dengan menjalin hubungan yang sehat. Yang lebih utama, kegiatan memasak memberi ruang kreativitas anak terbangun.

Perawatan tubuh

Aktivitas lain yang menyenangkan di rumah adalah merawat tubuh. Tanyakan kepada anak Anda perawatan apa yang mereka inginkan. Mungkin seperti perawatan wajah, scrub kaki, ataupun dipijat.

Anda bisa membuat beberapa bahan perawatan sederhana dari bahan-bahan di dapur. Dengan begitu, selain memanjakan anak, anak pun bisa mengetahui cara membuat bahan perawatan.

Belanja online

Jika Anda khawatir membeli kebutuhan dengan pergi ke supermarket, Anda bisa mulai mencarinya di toko online. Selain tidak perlu ke luar rumah, belanja online juga lebih hemat secara waktu dan biaya.

Keuntungan yang paling banyak dicari dari belanja online adalah karena promosi dan diskon menarik untuk pelanggan. Bahkan, terkadang kegiatan promosi yang ditampilkan tidak hanya disediakan dari toko yang relevan, tetapi juga dari platform toko online itu sendiri. Anda pun bisa memilah mainan anak yang harganya lebih hemat untuk menambah suasana main di rumah semakin asyik.

AYO BACA : 10 Tanda Anak Tertekan Saat Pandemi

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers