web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Minum Madu saat Puasa Bisa Kontrol Gula Darah?

Rabu, 13 Mei 2020 16:06 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Madu mentah. (Pixabay/Steve Buissinne)

Ahli gizi ungkap manfaat dari mengonsumsi madu mentah dalam kondisi perut kosong saat puasa.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Madu mentah atau madu yang belum dipasteurisasi penuh dengan gula alami, enzim, fitonutrien, mineral, vitamin, dan memiliki sifat antibiotik serta antiseptik yang baik untuk tubuh.

AYO BACA : Wow! Madu Bisa Cepat Sembuhkan Luka Bakar hingga Luka Diabetes

Dilansir dari laman Balqees, ada 3 komponen utama dalam madu yang sangat penting, yaitu fruktosa, glukosa, dan air yang bisa memberikan energi pada tubuh selama berpuasa seharian.

Caranya, Anda bisa minum air madu mentah dalam kondisi perut kosong. Anda bisa meminumnya sebelum sahur atau saat berbuka puasa ketika belum mengonsumsi apapun.

AYO BACA : 4 Cara Mudah Konsumsi Madu Guna Turunkan Berat Badan

Minum air madu mentah dalam kondisi perut kosong bisa membantu hidrasi, mengisi kembali nutrisi penting, dan membantu meremajakan tubuh.

"Glukosa dalam madu mentah diserap lebih cepat daripada sumber gula, sehingga kandungan ini bisa memberikan dorongan energi cepat," kata Benin Shahine, ahli gizi klinis.

Kandungan 17 gram karbohidrat dalam satu sendok makan madu mentah juga baik untuk membuat tubuh berenergi selama puasa Ramadan. Benin menyarankan orang yang kebiasaan minum sirup menggantinya dengan air madu mentah.

Bahkan penderita diabetes boleh saja mengonsumsi air madu mentah dalam jumlah kecil, karena bisa membantu mengatur kadar gula darah.

Madu mentah bisa membantu tubuh berenergi selama berpuasa karena mengandung glikogen yang bermanfaat untuk kadar gula darah. Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke dalam air madu mentah untuk menyeimbangkan gula darah.

AYO BACA : Manfaatkan Kebaikan Madu untuk Wajah Glowing dan Bebas Kusam

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers