web analytics
  

Bermain Tingkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Rabu, 13 Mei 2020 05:00 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Bermain Tingkatkan Kreativitas Anak Usia Dini, pagi sehat, pagi bahagia, keluarga bahagia, keluarga sehat, pola asuh anak, mengasuh anak, ibu karier, kelekatan anak dan orang tua, kerja di rumah

Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kegiatan bermain dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Hal ini diungkapkan Rektor Universitas YARSI Prof dr Fasli Jalan PhD dalam webinar "Pendidikan yang Membahagiakan Anak di Era Covid-19" di Jakarta, Senin (11/5).

"Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan spontan sehingga hal ini memberikan rasa aman secara psikologis pada anak," ujar Fasli dalam webinar yang diselenggarakan PP Aisyiyah tersebut.

Dia meminta orang tua tidak melarang anaknya bermain, karena dengan bermain anak dalam memperoleh kesempatan yang luas untuk melakukan eksplorasi guna memenuhi rasa ingin tahunya.

"Anak bebas mengekspresikan gagasannya melalui khayalan, drama, bermain konstruktif, dan sebagainya," kata Fasli lagi.

Fasli menambahkan rasa aman dan bebas secara psikologis merupakan kondisi yang penting bagi tumbuhnya kreativitas.

Bermain memiliki fungsi kesenangan, pengertian, memberikan informasi, mengembangkan imajinasi anak, mengembangkan kreativitas, hingga mengembangkan potensi anak.

Bermain, lanjut dia, hendaknya menyenangkan dan memiliki nilai instrinsik atau berasal dari keinginan anak, bersifat spontan dan sukarela, serta melibatkan peran aktif keikutsertaan anak.

Fasli juga meminta orang tua untuk tidak memaksakan anak untuk terus-menerus belajar. Apalagi pada saat pandemi Covid-19, yang mana anak lebih banyak berada di rumah bersama orang tuanya.

"Keluarga merupakan pendidik yang pertama dan utama yang paling berpengaruh terhadap kehidupan anak," terang dia.

Pelibatan keluarga dalam pendidikan dapat meningkatkan perilaku positif, prestasi belajar, minat untuk melanjutkan pendidikan, mencegah dari tindak kekerasan, hingga mencegah dari pengaruh negatif lainnya dari lingkungan.

Ketua PP Aisyiyah Prof Dr Hj Masyitoh Chusnan MAg, meminta masyarakat untuk meningkatkan spritualitas dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers