web analytics
  

Dinsos Dinilai Tak Punya Kerja Jangka Panjang Tangani PMKS

Selasa, 12 Mei 2020 18:57 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Dinsos Dinilai Tak Punya Kerja Jangka Panjang Tangani PMKS, DPRD Kabupaten Bandung, Dinas Sosial Kabupaten Bandung,

Salah seorang pemulung di Kabupaten Bandung, Selasa (12/5/2020).(Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Sosial Kabupaten Bandung dinilai tidak memiliki program kerja jangka panjang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.

Anggota Komis C DPRD Kabupaten Bandung, Toni Permana, mengatakan Dinsos Kabupaten Bandung memang memiliki program penyelesaian PMKS, baik itu gepeng, anjal, maupun hal lainnya.

"Kegiatan yang ada hanya bersifat sementara. Tidak continue sampai menyentuh akar masalah," tutur Toni, Selasa (12/5/2020).

Bahkan jika melihat kuantitas, pembinaan kepada PMKS juga kata Toni tidak terlalu banyak. Dalam setahun, hanya melakukan pembinaan terhadap PMKS tidak lebih dari 200 orang.

AYO BACA : DPRD Kabupaten Bandung Minta Dinsos dan Satpol PP Tertibkan Manusia Karung

"Padahal baik itu anjal, gepeng, korban nafsa itu jumlahnya banyak. Sudah mah jumlahnya tidak banyak, programnya juga tidak continue, akhirnya tidak jadi apa-apa dan tidak menyelesaikan masalah," katanya.

Untuk Anjal misalnya kata Toni, saat ini di lapangan jumlahnya cukup banyak. Bahkan berkeliaran di jalan tanpa ada pembinaan.

Dinas Sosial sendiri kata Toni beralasan tidak memiliki fasilitas penampungan. Namun jikan serius dalam menangani PMKS, hal tersebut bukan menjadi masalah.

"Katanya untuk penampungan kewenangannya ada di Provinsi. Tapi kan itu bisa dikoordinasikan. Banyak cara lain yang bisa dilakukan selama mau bekerja maksimal," ujarnya.

Kepala Dinsos Kabupaten Bandung belum bisa dimintai keterangan terkait masalah ini. Beberapa kali Ayobandung mendatangi Kantor Dinsos tidak bisa menemui pejabat berwenang. Pesan singkat yang dikirim Ayobandung kepada Kepala Dinsos Nina Setiana tidak bibalas, pun telepon juga tidak diangkat.

AYO BACA : Meski Dijaga Satpol PP, Banyak Pemulung Lolos ke Kompleks Pemkab Bandung

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers