web analytics
  

Ada Daging Babi di Pasar, DPRD Kabupaten Bandung Pertanyakan Pengawasan Disperindag

Selasa, 12 Mei 2020 17:56 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Ada Daging Babi di Pasar, DPRD Kabupaten Bandung Pertanyakan Pengawasan Disperindag, DPRD Kabupaten Bandung, Daging Babi,

Daging Babi. (Ayobandung.com/Mildan)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, Tri Bambang Pamungkas, menilai pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung carut marut.

Bambang mengatakan adanya daging babi yang bisa beredar bebas di pasar tradisional menjadi bukti kalau Disperindag tidak melakukan pengawasan optimal terkait barang yang dijual di pasar tradisional.

"Kami prihatin dengan adanya kasus daging babi yang dijual di pasar. Bahkan dengan mengatakan itu daging sapi. Makanya kami mempertanyakan pengawasan yang dilakukan oleh Disperindag," tutur Bambang, Selasa (12/5/2020).

AYO BACA : Selama Setahun, 4 Orang Jual 63 Ton Daging Babi di Kabupaten Bandung

Sebagian besar pelanggan pasar tradisional, kata Bambang merupakan masyarakat kecil yang beragama Islam, sehingga dengan adanya daging babi yang dijual dengan mengatakan daging sapi tentu akan menimbulkan keresahan.

"Ini kejadian bukan hanya sekali, tapi terjadi juga beberapa kali. Itu karena pengawasannya yang carut-marut," ujarnya.

Apalagi lanjut Bambang, kasus terakhir diketahui penjualan daging babi diberi label daging sapi telah dilakukan selama satu tahun.

AYO BACA : Pemain Timnas U-22 Tak Sengaja Konsumsi Daging Babi di SEA Games Filipina

"Kenapa bisa kecolongan seperti itu. Apa tidak belajar dari pengalaman yang sudah-sudah?," katanya.

Disperindag memang melakukan inspeksi mendadak, namun kata Bambang hal tersebut dinilai hanya reaksioner dari kejadian, bukan melakukan langkah antisipasi dan pengawasan secara maksimal setiap hari.

"Kami akan sampaikan kepada Komisi supaya Disperindag dipanggil dan dimintai keterangan, kenapa bisa sampai kecolongan dan kasus serupa terjadi berulang kali," tutupnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/nAypkP2uC6U" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Jual Sate Daging Babi, Pasangan Suami Istri Jalani Persidangan

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers