web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Virus Corona Covid-19 Mati Jika Kita Mandi Air Panas? Ini Kata Ahli!

Senin, 11 Mei 2020 16:55 WIB

[Ilustrasi] Mandi air panas untuk memusnahkan virus corona. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Banyak kekeliruan mengenai cara pencegahan dan pengobatan virus corona Covid-19, termasuk mandi dengan air panas yang bisa memusnahkan virus corona penyebab Covid-19.

Sebelumnya, banyak orang juga mengira berkumur pakai air garam dan cuka sari apel bisa membantu membunuh virus corona Covid-19.

AYO BACA: Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

AYO BACA: 800 Singa Dikerahkan Agar Warga Social Distancing?

AYO BACA: Benarkah Ilmuwan India Temukan Wujud Virus Corona di Tangan?

Seorang ahli kesehatan pun telah membantah bahwa mandi air panas merupakan teori yang benar dan belum ada bukti kuat. Ahli justru memandang saran itu tidak masuk akal.

"Begitu virus masuk ke tubuh, reaksinya itu tergantung pada sistem kekebalan tubuh Anda untuk membunuhnya," kata dr Claudia Pastider dari Babylon Health dikutip dari Metro.

Claudia mengatakan, pemandian air panas dan minuman panas tidak akan membantu membunuh virus. Virus corona penyebab Covid-19 itu berada di dalam sel tubuh. Lalu, tubuhlah yang akan mengatur suhunya ketika mendapat serangan virus, bukan minuman atau mandi air panas.

AYO BACA: Mayat Korban Virus Corona Penuhi Jalanan Wuhan Cina?

AYO BACA: Thailand Pakai Ganja untuk Sembuhkan Pasien Corona?

AYO BACA: Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19?

"Cara terbaik membunuh virus adalah cuci tangan. Jika Anda menyentuh virus pakai permukaan tangan, maka cucilah pakai sabun dan air atau pembersih tangan beralkohol," ujarnya.

Informasi bahwa air panas bisa membunuh virus corona Covid-19 telah mengembangkan mitos di tengah pandemi. Jadi orang salah paham bahwa sesautu yang panas pasti bisa membunuh virus.

Claudia telah menegaskan bahwa teori tentang air panas membunuh virus corona Covid-19 tidak ada yang benar. Bahkan cara ini juga tidak membantu untuk mengatur suhu tubuh ketika terserang virus.

AYO BACA: Benarkah Jokowi Bagikan Kuota Gratis 10 GB?

AYO BACA: Ada Penampakan Kuntilanak di RS Covid-19 Galang?

AYO BACA: Berkendara Tak Pakai Masker Kena Denda Rp5 Juta?

"Belum ada cukup bukti untuk mendukung bahwa suhu tinggi bisa membunuh Sars-CoV-2 (virus yang menyebabkan Covid-19)," kata dia.

Namun, satu studi tentang virus corona yang menyebabkan SARS memang menyatakan bahwa suhu lebih tinggi dari 56 derajat Celsius bisa membunuhnya. Pastinya suhu 56 derajat Celsius ini sangat tinggi dan tidak cocok untuk Anda terapkan saat mandi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers