web analytics
  

Bisakah Sikat Gigi Mencegah Virus Corona Covid-19?

Senin, 11 Mei 2020 15:33 WIB

[Ilustrasi] Menyikat gigi. (Pixabay/Martin Slavoljubovski)

Dokter gigi mengatakan, menyikat gigi secara teratur sebelum berpergian bisa mencegah penularan virus corona Covid-19.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Seorang dokter gigi mengatakan, menyikat gigi secara teratur, minimal 2 kali sehari, bisa melindungi seseorang dari virus corona Covid-19.

Diketahui, pasta gigi mengandung deterjen yang sama dengan sabun cuci tangan. Kandungan itulah yang bisa bertindak sebagai penghalang virus selama 3-5 jam setelah sikat gigi.

Profesor Martin Addy mengatakan, sikat gigi 2 menit sebelum berpergian ke luar rumah bisa mencegah penularan atau penyebaran virus dan penyakit lain.

AYO BACA: Apa yang Harus Disiapkan di Rumah Kalau Lockdown?

AYO BACA: Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

AYO BACA: Jangan Taruh Makanan dan Ponsel di Bagasi Motor!

"Kita semua sudah diberitahu tentang pentingnya mencuci tangan untuk menghentikan penularan virus corona Covid-19 yang menginfeksi kita ketika menyentuh wajah. Tapi, ada pentingnya kalau kita juga menjaga kebersihan mulut," kata Martin dikutip dari The Sun.

Prof Addy, profesor emeritus di Universitas Bristol dan mantan dokter gigi, menyarankan semua orang sikat gigi teratur terutama sebelum berpergian keluar rumah atau berolahraga.

Begitu pula orang-orang penghuni panti jompo juga perlu menyikat gigi secara lebih teratur, mengingat mereka golongan paling berisiko terinfeksi virus.

"Para ilmuwan yang percaya bahwa kita harus memakai masker wajah karena virus corona Covid-19 bisa menular melalui tetesan air liur. Kita juga disuruh mencuci tangan agar tak terinfeksi ketika menyentuh wajah. Tapi, sikat gigi akan memberikan perlingan tambahan yang penting," kata dia.

AYO BACA: Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

AYO BACA: 800 Singa Dikerahkan Agar Warga Social Distancing?

AYO BACA: Benarkah Ilmuwan India Temukan Wujud Virus Corona di Tangan?

Bahkan, staf NHS atau staf medis juga perlu menyikat gigi sebelum memakai alat pelindung diri. Langkah itu bisa memberinya perlindungan tambahan dari penularan virus.

Mereka menjelaskan tindakan antimikroba dari pasta gigi di mulut akan berlangsung atau mulai bekerja selama 3 hingga 5 jam. Lalu, itu akan mengurangi viral load dalam air liur atau infeksi oleh virus yang masuk ke mulut.

Prof Addy juga mengatakan, orang yang ingin memaksimalkan efek pencegahan bisa menyikat gigi sebelum meninggalkan rumah.

Bahkan Addy menyarankan seseorang tidak perlu membilasnya pakai air setelah sikat gigi dan cukup biarkan sisa pasta gigi tertinggal di dalam mulut untuk memberikan perlindungan.

Beberapa orang yang tidak akan melakukan langkah menyikat gigi teratur adalah penghuni panti jompo, yang mana mereka pasti mengandalkan pengasuh untuk menyikat gigi dan mengurusnya.

AYO BACA: Pemerintah Gratiskan Akses Internet Akibat Corona?

AYO BACA: Salat Tarawih Boleh Dilaksanakan Seperti Tahun Lalu?

AYO BACA: Ada Negara Buang Jenazah Pasien Covid-19 ke Laut?

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/uHkLFELea64" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers