web analytics
  

Sebulan Bebas Covid-19, Wuhan Kembali Laporkan 1 Kasus Baru

Senin, 11 Mei 2020 10:31 WIB

Ilustrasi rapid test Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

WUHAN, AYOBANDUNG.COM -- Kota Wuhan, Cina, yang sempat menerapkan lockdown, mengklaim telah berhasil melawan Covid-19 dan warganya sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Kota ini diketahui menjadi lokasi awal virus corona ditemukan.

Namun setelah terbebas selama sebulan, Wuhan kembali melaporkan adanya satu kasus Covid-19 baru.

Komisi Kesehatan Kota Wuhan mengumumkan, seorang laki-laki berusia 89 tahun dengan riwayat berbagai masalah kesehatan dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada Sabtu (9/5/2020) sebelum menunjukkan gejala.

AYO BACA : Donald Trump Klaim Punya Bukti Covid-19 Berasal dari Laboratorium di Wuhan

Awalnya dilansir oleh businessinsider.sg, istri pria tersebut terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala.  Komisi Kesehatan mengatakan pria itu tinggal di distrik Dongxihu, tempat sebanyak 20 orang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Wuhan merupakan salah satu kota di Cina dengan kasus Covid-19 tertinggi. Pada April 2020, tingkat kematian akibat Covid-19 di Wuhan meningkat 50%.

Cina berpendapat, jumlah kasus di Wuhan menurun setelah pemerintah mengambil tindakan tegas dengan mengarantina ketat Wuhan. Dengan demikian, tidak ada warga yang pergi keluar maupun masuk ke Wuhan untuk mencegah penularan virus.

AYO BACA : Dokter Wanita Ini Jadi yang Pertama Laporkan Kasus Covid-19 di Wuhan

Tindakan serupa juga sempat diterapkan pada wilayah-wilayah lain di Cina untuk menghentikan rantai penyebaran Covid-19.

Belum lama ini, Komisi Kesehatan Nasional Cina mengumumkan ada 14 kasus Covid-1 baru yang muncul di negara tersebut.

Mayoritas kasus Covid-19 baru yang dilaporkan ini berasal dari Shulan, sebuah kota di provinsi Jilin, Cina timur laut. Pejabat lokal pun menaikkan level daerahnya menjadi lebih tinggi.

Selain itu, Cina juga melaporkan sebanyak 20 kasus asimptomatik, yang tidak termasuk dalam perhitungan lokal. Negara ini telah melaporkan sebanyak 82.000 kasus dan 4.633 kematian.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/ifttCmXzyo8" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : 2 Bulan Lockdown, Rumah Sakit di Wuhan Sudah Tak Rawat Pasien Covid-19

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers