web analytics
  

Setelah Pengawal Trump, Kini Sejumlah Staf Gedung Putih Positif Covid-19

Minggu, 10 Mei 2020 10:56 WIB

Gedung Putih. (Pixabay)

WASHINGTON, AYOBANDUNG.COM -- Dua anggota staf Gedung Putih dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Jumat (8/5/2020) malam lalu. Selain itu, asisten pribadi putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Ivanka Trump, dan 11 karyawan Dinas Rahasia (Secret Service) AS juga dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya pada Kamis (7/5/2020) lalu, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia dan Wakil Presiden Mike Pence kini akan dites virus corona setiap hari. Hal itu setelah adanya seseorang di Gedung Putih yang tertular penyakit pernapasan tersebut. Trump mengatakan, ia telah dites virus corona pada Rabu dan Kamis, namun hasil keduanya negatif.

Menurut laporan CNN, baik Trump, Pence, dan pembantu senior kerap dites setiap pekannya. Langkah itu merupakan bagian dari seperangkat protokol yang lebih besar yang dirancang untuk mencegah salah satu pemimpin AS tersebut terinfeksi Covid-19. Sebab, Trump dan penjabat lainnya di Gedung Putih telah berulang kali melakukan kontak dengan para pejabat dari negara lain yang kemudian dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

AYO BACA : Pengawal Pribadi Donal Trump Dinyatakan Positif Corona

Sementara itu, sejumlah anggota staf Gedung Putih telah dites virus corona. Sekretaris Pers untuk Wakil Presiden Mike Pence, Katie Miller, telah dites untuk virus corona baru dan dinyatakan positif. Hal itu diumumkan Trump saat pertemuan di Gedung Putih pada Jumat lalu.

"Dia adalah wanita muda yang luar biasa, Katie, dia dites dengan sangat baik untuk jangka waktu yang lama dan kemudian tiba-tiba hari ini dia dinyatakan positif," kata Trump, dilansir di People, Minggu (10/5/2020).

Miller menikah dengan penasihat senior Trump, Stephen Miller. Namun, Trump mengatakan bahwa Miller belum melakukan kontak dengannya sendiri. Akan tetapi, kata dia, Miller telah melakukan kontak dekat dengan Pence.

AYO BACA : Donald Trump Klaim Punya Bukti Covid-19 Berasal dari Laboratorium di Wuhan

Miller juga menyampaikan berita tentang diagnosisnya melalui Twitter pada Jumat lalu. Dalam unggahannya, ia menyampaikan tentang kondisinya dan meminta doa agar ia bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala.

"Terima kasih atas semua doa dan harapanmu. Saya baik-baik saja an berharap untuk kembali bekerja untuk rakyat Amerika," ungkap Miller.

Pada Jumat, sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany juga mengonfirmasi bahwa seorang anggota tim Pence dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Namun, ia tidak menjelaskan secara spesifik siapa orang yang dimaksud.

Akibatnya, perjalanan wakil presiden ke Iowa ditunda lebih dari satu jam karena enam staf Pence lainnya, yang kemungkinan telah melakukan kontak dengan Miller, dipindahkan dari Air Force Two sebelum lepas landas. Namun, diberitakan kemudian bahwa mereka yang turun dari pesawat wakil presiden itu telah dites dan dinyatakan negatif dari virus corona. Kini, Gedung Putih pun membuat lebih banyak tes virus corona bagi para jurnalis, lantaran Miller kerap berhubungan dengan pers.

AYO BACA : Penasihat LN Donald Trump Sebut Kim Jong Un Kemungkinan Meninggal atau Lumpuh

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers