web analytics
  

5 Amalan Ramadan yang Bisa Dilakukan Wanita Saat Haid

Sabtu, 9 Mei 2020 12:36 WIB Nur Khansa Ranawati

Ilustrasi bersedekah (Ayobandung.com/Irfan Al Faritsi)

AYO BACA : 2000-an Asteroid Tergolong Berbahaya Berada Dekat Bumi

AYO BACA : Seorang Polisi Patah Tulang Rahang Ditabrak Pemuda yang Kabur dari PSBB

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ketika kedatangan tamu bulanan, seorang wanita otomatis tidak dapat menjalankan ibadah wajib seperti shalat dan berpuasa, termasuk di bulan Ramadan. Meski demikian, hal tersebut tidak perlu menjadi halangan untuk mendulang pahala di bulan penuh ampunan tersebut.
\n
\nBerikut 5 amalan yang dapat dilakukan wanita yang tengah haid saat Ramadhan :
\n
\n1. Memberi makan orang yang berpuasa
\nAt-Tirmizi meriwayatkan perihal pahala orang yang menyediakan hidangan (iftar) untuk orang yang berpuasa. Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
\n
\n“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (H.R. At-Tirmidzi).
\n
\nOleh karenanya, hal-hal seperti menyiapkan makanan untuk berbuka puasa di rumah, atau membagikan takjil dan santapan malam untuk orang-orang yang masih bekerja di tengah pandemi bisa menjadi ladang amal.
\n
\n2. Membaca Zikir dan Doa
\nAmalan lain yang dapat dilakukan adalah memperbanyak zikir dan doa. Meskipun hukum membaca Al-Qur'an selama haid masih diperdebatkan, namun membaca zikir dan doa tidak dilarang. Ibadah berupa zikir, doa dan membaca istighfar tidak wajib disyaratkan untuk dilakukan dalam keadaan suci.
\n
\n3. Mencari Ilmu (Tholabul’ Ilmi)
\nUntuk menambah semangat beribadah, mengikuti kajian ilmu-ilmu keislaman juga dapat dilakukan. Saat ini, telah banyak kajian berseri ataupun ceramah dari berbagai ustadz yang tersedia untuk diakses cuma-cuma di media sosial seperti YouTube. Membaca berbagai buku soal ilmu keislaman juga dapat menambah catatan amal seseorang.
\n
\n“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu, Niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala menunjukkan jalan menuju Surga Baginya”. (H.R. Muslim)
\n
\n4. Memperbanyak Sedekah
\nBanyak bersedekah di bulan Ramadhan adalah amalan yang tidak hanya berbuah pahala bagi diri sendiri, namun juga dapat meringankan beban orang lain di dunia. Teruma di tengah pandemi seperti saat ini, dimana banyak orang kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Tak perlu repot, saat ini sudah banyak media penyaluran sedekah terpercaya di berbagai media sosial yang mudah diakses.
\n
\n5. Membaca Shalawat
\nBershalawat kepada Nabi merupakan salah satu bentuk ibadah yang diutamakan. Ketika bershalawat, maka jutaan malaikat akan mendoakan kita. Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda, “Jika orang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan medoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit ataupun banyak.“ (HR. Ibnu Majah dan Thabrani).
\n
\n
\n
\n
\n 

AYO BACA : Modus Kehabisan Bensin, Abang Ojol Tipu Baim Wong

Editor: Andres Fatubun
dewanpers