web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Warga Pasirmunjul Purwakarta Beralih Pekerjaan Jadi Produsen Kolang Kaling

Jumat, 8 Mei 2020 11:13 WIB Dede Nurhasanudin

Sapei bersama temannya saat mengolah buah aren menjadi kolang kaling. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kolang kaling rasanya sulit dipisahkan dari jajaran takjil untuk berbuka puasa pada bulan Ramadan. Permintaan buah yang berasal dari pohon aren ini pun meningkat jika dibandingkan dengan hari biasanya.

Kondisi itu tidak sedikit dimanfaatkan warga untuk beralih profesi menjadi produsen kolang kaling, seperti yang dilakukan Sapei (47) warga Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Ia bersama dua temannya, Suhendar (27) dan Kohar (30), memilih menjadi petani kolang kaling di bulan Ramadan ini. Sebab menurut mereka, menjual kolang kaling lebih mudah dan keuntungan yang diperoleh pun cukup menjanjikan.

AYO BACA : Ini Makna 9 Bedug di Tajug Gede Cilodong Purwakarta

"Besar sih enggak, cuman permintaan banyak jadi mudah cepat habis, tidak lama tersimpan di rumah," kata Sapei, Jumat (8/5/2020).

Sapei bersama kedua temannya itu setiap hari mencari pohon aren untuk memproduksi kolang kaling. "Jadi kami beli buah aren milik warga, kemudian kami produksi menjadi kolang kaling, memang setiap hari pindah-pindah, ini lokasi ke empat," ujar dia.

Dalam sehari, ia mengaku mampu memproduksi kolang kaling sedikitnya 30 kilogram, yang mereka jual Rp10.000 per kilogram. "Tidak tentu bagaimana banyak buah dalam satu tangkainya, yah 30 kilogram per hari ada kayanya," kata Sapei.

AYO BACA : Pabrik di Purwakarta Diperbolehkan Buka Selama PSBB

Pohon aren cukup mudah ditemukan di Desa Pasirmunjul. Hampir di setiap perkebunan di desa itu terdapat pohon aren.

Tak heran jika sebagian warga di sana beralih profesi sementara waktu menjadi petani kolang kaling memanfaatkan hasil alam yang ada.

"Pohon aren di desa kami memang banyak, bahkan dapat dikatakan penghasil kolang kaling terbesar di Purwakarta, apalagi masa panen buah sering kali bertepatan pada bulan ramadan," ujar Sekdes Pasirmunjul Dadan Supriatna.

 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/03kYfQTxeJk" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Bandel Saat PSBB, Toko Nonpangan di Purwakarta Akan Disegel

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers