web analytics
  

4 Tip bagi Orang Tua Agar Dekat dengan Anak yang Sudah Remaja

Jumat, 8 Mei 2020 04:00 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 4 Tip bagi Orang Tua Agar Dekat dengan Anak yang Sudah Remaja, Tips anak, tips orang tua, anak remaja

Ilustrasi keluarga. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Masa remaja terkadang jadi fase paling sulit ditebak dari anak. Saat masa itu, anak sudah semakin banyak mengenal lingkungan di luar keluarganya.

Mengasuh remaja menjadi tantangan sendiri bagi orang tua karena mereka sedang ingin menjelajahi dunianya sendiri tanpa campur tangan siapa pun. Tetapi orang tua tentu perlu mengontrol perkembangan buah hatinya.

Oleh sebab itu, menjadi penting untuk akrab dengan anak remaja yang sering kali sulit ditebak. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda menjadi teman para remaja, mengutip dari Times of India:

1. Bersikaplah Terbuka

Orang tua menjadi guru pertama seorang anak. Mempraktikkan apa yang Anda perintahkan pasti akan membantu memberikan contoh yang tepat bagi anak.

Selain itu, bersikaplah terbuka dan mengakui kesalahan Anda di depannya. Mereka akan tumbuh mempelajari sifat ini dan menghormati Anda atas kejujuran tersebut.

Ciptakan lingkungan yang sehat di dalam rumah. Biasakan setiap anggota keluarga mengakui kesalahan mereka tanpa takut diejek dan ini akan membantu anak remaja untuk membuka diri kapan pun dia membutuhkan bimbingan.

2. Beri Kebebasan Untuk Mengeksplorasi

Menetapkan aturan yang kaku untuk segala sesuatu dan mengajukan pertanyaan yang terdengar seperti interogasi akan membuat anak Anda, terutama remaja, merasa didominasi secara tidak masuk akal bahkan bisa berubah menjadi pemberontak.

Beri anak remaja ruang untuk tumbuh dan mengeksplorasi hal-hal sendiri. Sampaikan kekhawatiran juga pertanyaan Anda dengan ramah. Itu akan membuat mereka menerima dan memahami Anda dengan lebih baik.

3. Habiskan Waktu Berkualitas Bersama

Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak akan membantu Anda membangun ikatan yang bersahabat dengan mereka. Ajak mereka menonton film, jalan-jalan singkat, belanja, membuat karya, memasak, berkebun, bersepeda, atau pun berenang.

Kegiatan itu akan memberi Anda waktu untuk lebih akrab dengannya dengan pembicaraan yang bermakna, menjelajahi minat yang sama, dan menciptakan kenangan indah masa remaja mereka.

4. Dengarkan Masalah Mereka

Bahkan jika Anda tidak setuju dengan pendapat mereka atau cara mereka menangani suatu situasi, jangan menegur atau menceramahi mereka dengan segera. Dengarkan apa yang harus mereka bagikan dan hargai mereka karena telah mempercayai Anda.

Tanyakan kepada mereka hasil yang diinginkan yang mereka harapkan. Jangan memaksakan keputusan Anda dan cobalah untuk menunjukkan kepada mereka sisi logis dari saran Anda.

Jika mereka tidak setuju, biarkan mereka belajar dari kesalahannya sendiri dan mendorong mereka untuk mengambil keputusan yang lebih baik.

5. Bangun Kepercayaan

Bangun kepercayaan dengan anak-anak Anda sejak usia dini sehingga mereka dapat berbagi rahasia dan masalahnya dengan Anda tanpa takut dihakimi atau disalahpahami.

Faktanya, kepercayaan adalah dasar dari hubungan orang tua dengan anak dan membiarkan mereka yakin bahwa orang tua tidak akan pernah menumpahkan rahasia mereka kepada siapa pun.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers