web analytics
  

PSBB Jabar, Grab Dukung Pemprov Bagikan Ribuan Nasi Bungkus

Kamis, 7 Mei 2020 19:59 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Grab mendukung Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) yang digagas Pemprov Jabar. (istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Seiring pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi Jawa Barat yang dimulai sejak Rabu (6/5/2020), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berupaya agar kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat tetap terpenuhi selama pandemi Covid-19. 

Guna mendukung hal tersebut, Grab turut membagikan ribuan makanan siap saji kepada masyarakat melalui program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) di Bandung. Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) merupakan inisiatif yang digagas TP PKK Provinsi Jawa Barat untuk membantu meringankan beban pangan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Partner Engagement Strategy Lead, Jawa Barat, Grab Indonesia, Mawaddi Lubby menyampaikan, dalam kesempatan ini Grab menjadi wadah untuk pengguna memberikan bantuan melalui GrabFood dan menggandeng puluhan mitra restoran GrabFood untuk bergabung bersama tim Jabar Bergerak mendonasikan ribuan paket makanan kepada warga yang belum tersentuh oleh bantuan sosial pemerintah sejak berlangsungnya pandemi. 

“Grab memahami bahwa situasi saat ini merupakan situasi yang menantang bagi kita semua. Melalui dukungan terhadap program Gasibu, Grab ingin turut berbagi kebaikan kepada masyarakat. Khususnya saat ini, di mana PSBB skala provinsi sudah diberlakukan di Jawa Barat yang juga bertepatan dengan bulan Ramadan," jelas Lubby, Kamis (7/6/2020).

Lubby menyampaikan, inisiatif ini merupakan salah satu bagian dari program Siap Antar Berjuta Makna di Jawa Barat. Dia juga menambahkan, ke depannya, masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam program Gasibu secara langsung melalui aplikasi Grab dengan langkah-langkah sebagai berikut :
 

1. Buka aplikasi Grab di ponsel lalu pilih menu GrabFood
2. Masukkan “Donasi GASIBU-Siap Antar Berjuta Makna” sebagai tujuan pengantaran
3. Pilih menu yang akan didonasikan dari restoran manapun
4. Pastikan metode pembayaran menggunakan OVO atau OVO point sebelum melakukan pemesanan
5. Ikuti prosesnya dan tunggu hingga pesanan berhasil diantarkan ke titik poin
pengantaran makanan untuk donasi GASIBU
6. Pengantaran hanya berlaku di hari Senin hingga Jumat, jam 10.00 - 13.30 WIB.

AYO BACA : Istri Ridwan Kamil Gagas Gerakan Nasi Bungkus di Jabar

Sebelumnya, Grab juga melakukan inisiatif serupa dengan membagikan ribuan makanan untuk tenaga medis yang bertugas di beberapa titik rumah sakit di Jawa Barat. Hal ini merupakan bagian upaya untuk mendukung garda terdepan dalam memerangi pandemi Covid-19.

“Grab senantiasa mendukung pemerintah dalam pelaksanaan PSBB karena kami yakin dengan mendukung kebijakan tersebut kita bersama dapat mengurangi potensi penularan Covid-19. Kami juga siap untuk selalu berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat agar pandemi ini dapat segera kita lewati bersama," kata Lubby.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil menyampaikan, pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi inisiatif Grab untuk memfasilitasi warga yang ingin berpartisipasi dalam Gasibu.

Terlebih lanjut Atalia, saat ini memang dibutuhkan kolaborasi strategis. Hal ini demi bantuan bisa terdistribusi secar tepat sasatan kepada seluruh lapisan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. 

“Kami mengapresiasi upaya Grab yang sudah membantu pemerintah dengan menyediakan media bagi warga yang ingin ikut patungan dalam meringankan beban sesama saat pandemi ini," kata Atalia.

Atalia juga menyampaikan, gerakan bantuan sosial kepada warga akan dilakukan lebih luas lagi setelah PSBB tingkat provinsi diberlakukan. Dia berharap upaya ini untuk distribusi bantuan agar dapat disalurkan kepada masyarakat di 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

"Saat ini fokus pemerintah agar bantuan kemanusiaan dapat disalurkan kepada seluruh warga yang membutuhkan, dan kunci keberhasilannya terletak di kolaborasi seluruh elemen masyarakat,” ujar Atalia.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers