web analytics
  

FIFA Investigasi Transfer Gelandang Manchester United Bruno Fernandes

Kamis, 7 Mei 2020 13:32 WIB M. Naufal Hafizh
Olahraga - Sport, FIFA Investigasi Transfer Gelandang Manchester United Bruno Fernandes, bruno fermamdes. ,manchester united, sporting lisbon, sampdoria,

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes. (Sky Sports)

ZURICH, AYOBANDUNG.COM  --  Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) tengah menginvestigasi kepindahan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, dari Sporting Lisbon.

Hal ini merupakan buntut dari keluhan Sampdoria, sebagai mantan klub dari pemain asal Portugal tersebut, yang mengklaim bahwa mereka berhak mendapat cipratan keuntungan dari transfer senilai 47 juta Poundsterling tersebut.

Fernandes merapat ke Old Trafford pada bursa transfer Januari. Transfer tersebut dinilai sebagai jawaban dari minimnya kreativitas di lini tengah United, yang berakibat pada buruknya performa anak asuh Ole Gunnar Solskjaer musim ini. Fernandes langsung memberi kontribusi untuk Setan Merah dengan mengoleksi tiga gol dan empat asisst.

Akan tetapi, kepindahan tersebut tengah menjadi pertengkaran antara dua mantan klub Fernandes. Sampdoria merasa bahwa mereka berhak atas 4 juta Poundsterling dari kesepakatan tersebut. Sampdoria mengklaim bahwa terdapat klausul jual beli senilai 10% pada kontrak Fernandes ketika diboyong Sporting dari Sampdoria 3 tahun silam.

Hal ini dibenarkan oleh juru bicara FIFA melalui sebuah laporan resmi. “Pada 3 April 2020 lalu, Sampdoria mengajukkan klaim kepada FIFA untuk menuntut Sporting CP terkait kebijakan finansial yang tertera pada kontrak Bruno Fernandes. Masalah kini tengah kami selidiki dan kami tak akan berkomentar lebih lanjut,” katanya sebagaimana dilansir Goal.

Namun, pihak Sporting beranggapan bahwa klausul jual beli tersebut sudah tidak berlaku karena Fernandes menandatangani kontrak baru sebagai agen bebas dengan klub asal Portugal tersebut pada Juli 2018.

Sebagai informasi, Fernandes adalah satu dari 7 pemain yang memutus kontrak dengan Sporting akibat ulah oknum fan tak bertanggung jawab yang menyerang pemain Sporting pada sesi latihan Mei 2018. Oleh sebab itu, Sporting menganggap bahwa Fernandes meneken kontrak baru sebagai agen bebas, yang mereka klaim sebagai batalnya klausa jual beli tersebut.

Meski begitu, kubu United tidak perlu memusingkan masalah tersebut karena konflik tersebut hanya melibatkan Sporting dan Sampdoria. Gelandang 25 tahun tersebut kabarnya sudah kembali ke Manchester untuk kembali menjalani sesi latihan, menyusul meredanya pandemi di sebagian negara Eropa. (Ilham Sigit)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers