web analytics
  

Petinggi Persib: Turnamen Tanpa Penonton Percuma

Rabu, 6 Mei 2020 16:07 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Petinggi Persib: Turnamen Tanpa Penonton Percuma, corona, persib, liga 1, umuh, covid-19, liga 1 tanpa penonton,

Komisaris PT PBB Umuh Muchtar. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Nasib Liga 1 2020 masih tidak pasti. PSSI menyatakan status force majeure untuk kompetisi musim 2020 sejak Maret hingga Juni 2020. Karena itu, segala aktivitas sepak bola Tanah Air dihentikan.

Bila sesuai rencana, Liga 1 2020 hanya ditunda sampai 29 Mei 2020. Meski begitu, hal itu tetap bergantung pada ketetapan pemerintah. Pasalnya jika pemerintah memperpanjang darurat Covid-19 maka dengan terpaksa PSSI akan secara resmi membatalkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

Di sisi lain, sempat beredar kabar PSSI bakal menggelar turnamen pengganti. Wacana hadirnya turnamen pengganti Liga 1 ini untuk mengisi kekosongan sampai dengan kompetisi musim berikutnya bergulir. Konon, bila situasi Indonesia sudah mulai membaik, turnamen ini akan diselenggarakan pada paruh dua musim 2020.

Kendari demikian, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar menilai, wacana menggelar turnamen pengganti ini akan tidak menarik jika dipaksakan tanpa penonton. Pasalnya penonton menjadi bumbu kemeriahan dalam sebuah pertandingan sepak bola.

"Turnamen kalau enggak ada penontonnya juga percuma. Enggak ramai," kata Umuh, Rabu (6/5/2020).

Karenanya saat ini, Umuh mengatakan, pihaknya masih menunggu kepastikan kapan kembali kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air itu bergulir. Hingga saat ini PSSI belum menerbitkan surat putusan bagi kelanjutan kompetisi.

Menurut Umuh, hal yang terpenting, sebelum liga resmi bergulir, pandemi Covid-19 telah betul-betul hilang dari Tanah Air.

"Makanya pastikan dulu Indonesia betul-betul bebas corona. Baru bicara turnamen atau lainnya," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers