web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Satgas Citarum Harum Salurkan 4.000 Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Rabu, 6 Mei 2020 13:01 WIB Nur Khansa Ranawati

CIMAHI TENGAH, AYOBANDUNG.COM -- Satgas Citarum Harum kembali menyalurkan paket bantuan sembako pada warga terdampak Covid-19 di wilayah Bandung Raya. Bantuan difokuskan pada warga yang tinggal di sekitaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Pada Rabu (6/5/2020), bantuan sembako tersebut dibagikan pada 150 warga di area Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, yang masih masuk ke dalam wilayah sektor 21 Citarum.

Sembako yang dibagikan berasal dari gabungan bantuan sejumlah perusahaan meliputi Rumah Mode Bandung, Yayasan Budha Tzu Chi, dan PT Gistex.

"Saya prioritaskan warga penerima bantuan ini sesuai dengan pemberi amanah, yakni pada warga di sektor-sektor sepanjang DAS Citarum yang terdampak Covid-19. Saat ini fokus ke sektor Cimahi," ungkap Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim di rumah dinas Komandan Sektor 21 Citarum Harum, Rabu (6/5/2020).

AYO BACA : Pandemi Covid-19, Citarum Jadi Lebih Bersih

Warga Kelurahan Baros penerima sembako bergantian memasuki area rumah dinas untuk menerima paket berisi 10kg beras, 1 liter minyak goreng, dan kebutuhan pokok lainnya.

Setiap proses serah terima dilakukan dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 seperti penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan penerapan physical distancing.

Salah satu warga RW 7, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Yati (48) mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan. Pasalnya, belum lama ini sang suami baru menjadi korban PHK akibat Covid-19.

"Alhamdulillah saya berharap bantuan semacam ini bisa dibagikan lebih banyak dan merata," ungkapnya.

AYO BACA : Satgas Citarum Harum Salurkan Bantuan Ribuan Paket Sembako

Dedi mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menyalurkan 5.000 bantuan sembako dari gabungan perusahaan yang sama pada warga Bandung Raya di sekitar DAS Citarum. Untuk gelombang kali ini, ditargetkan 4.000 sembako dapat disalurkan.

"Saat ini yang sudah kami terima ada 4.000 paket, keseluruhan total yang diterima ada 10.000 paket. Rencananya diserahkan masing-masing 150 paket untuk semua sektor, prioritas di Bandung Raya," ungkapnya.

Proses pembagian sembako dilakukan lewat kerja sama Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Yusep serta tim Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat (Jabar). Nantinya komandan di masing-masing sektor akan diminta menjadi koordinator penyerahan bantuan.

Dedi berharap, dengan diturunkannya bantuan, warga dapat dengan tenang menjalani aktivitas keseharian di rumah masing-masing sesuai anjuran pemerintah. Terlebih, hari ini bertepatan dengan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jabar hari pertama.

"Masyarakat juga harus aktif melawan Covid-19 dengan berkegiatan di rumah saja, ikuti seluruh aturan yang telah diberikan pemerintah, taati aturan-aturan PSBB provinsi yang telah berlaku," ungkapnya.

AYO BACA : Pemerintah Bantu Warga Terdampak Covid-19 di DAS Citarum

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers