web analytics
  

Azan Akhirnya Berkumandang Lagi di London Saat Lockdown

Rabu, 6 Mei 2020 10:29 WIB

Ilustrasi masjid. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LONDON, AYOBANDUNG.COM -- Masjid-masjid di wilayah London Timur akhirnya kembali menyiarkan azan di depan umum untuk pertama kalinya sejak diberlakukannya lockdown selama Ramadan.

Otoritas setempat, Waltham Forest, setuju 9 masjid dapat melakukan azan karena masjid ditutup dan umat Islam tidak dapat salat berjemaah seperti biasanya pada saat ini.

Panggilan untuk salat pertama kali disiarkan kemarin dan akan berlanjut saat matahari terbenam setiap hari, sepanjang bulan Ramadan/ Azan juga akan berkumandang untuk salat Jumat.

Arfan Abrahim, anggota Waltham Islamic Society, mengatakan azan bisa kembali terdengar dari Whitechapel, masjid di London timur. Menurutnya, Ramadan kali ini sangat berbeda dari biasanya karena orang-orang tidak bisa pergi ke masjid dan berdoa.

AYO BACA : Sedang Lockdown, Warga Inggris Ini Temukan Gua Kuno di Rumahnya

"Karena masjid adalah titik fokus, terutama bulan ini tidak bisa melakukannya dan itu sangat menyedihkan. Itu adalah sesuatu yang tidak ingin saya alami lagi, tetapi kita harus beradaptasi dan poin plusnya adalah kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga dan berdoa bersama sebagai keluarga, menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak," katanya, dilansir laman Metro.co.uk, Rabu (6/5/2020).

"Untuk orang tua saya di rumah, setidaknya mereka bisa mendengarkannya (azan) langsung dari masjid," katanya.

Hal itu sangat berarti bagi mereka bahwa masjid itu masih ada dan tetap pada tujuannya.

Dia mengatakan sebelum azan dikumandangkan, dia harus keluar untuk melihat matahari dan mencari tahu kapan waktu berbuka yang tepat.

AYO BACA : Kisah Perawat Inggris Masuk Islam karena Terpesona Al-qur'an

"Ketika matahari terbenam adalah ketika kita berbuka puasa. Saat mendengar azan, kita tahu waktunya berbuka," kata Abrahim.

"Biasanya kita berbuka bersama dan berdoa bersama di masjid tetapi karena virus corona sekarang kita tidak bisa memasuki masjid. Semoga mereka yang dekat dengan masjid akan mendengar panggilan salat dan menemukan sedikit hiburan. Tolong semua orang tinggal di rumah dan tetap aman," kata Wakil sekretaris jenderal Asosiasi Islam Hutan Waltham Irfan Akhar.

"Kami percaya ini tidak akan merepotkan siapa pun dan berharap semua bisa menikmati Adzan yang merdu," jelasnya.

Azan akan memakan waktu kurang dari 5 menit dan tidak menyebabkan gangguan ke lingkungan sekitar.

 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/03kYfQTxeJk" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Kerajaan Inggris Bagikan Video Lucunya Ratu Elizabeth II Saat Balita

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers