web analytics
  

5 Cara Mudah dan Cepat Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Rabu, 6 Mei 2020 09:27 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya, contohnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya, contohnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

Orang sehat bisa mengalami penyakit ini. Penyebab darah tinggi di antaranya stres, kurang tidur, dan kurang aktivitas fisik. Dalam hal ini, seseorang tidak perlu panik atau mencari obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Dilansir Bright Side, ada teknik sederhana lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa melakukan teknik di rumah tanpa obat. Caranya cukup lakukan 5 langkah ini di rumah.

1. Memijat telinga dan leher

Ada 3 titik di kepala dan leher yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Titik pertama berada di belakang daun telinga dan titik kedua berada di tengah tulang selangka.

AYO BACA : 5 Tips Puasa bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Pijatlah kedua titik di area kepala dan leher itu menggunakan jari. Caranya pijat lembut titik kedua lalu tarik ke atas di titik pertama. Ulangi cara ini sebanyak 10 kali.

Titik ketiga terletak di wajah Anda setinggi daun telinga, yakni sekitar 1/2 cm dari telinga. Pijatlah kedua sisi dengan ujung jari Anda selama satu menit dengan gerakan berlawanan arah jarum jam.

2. Latih pernapasan lubang hidung kiri

Pernapasan perut bagian dalam lubang hidung kiri akan membantu Anda mengontrol tingkat tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah Anda dan mengurangi hormon stres.

3. Minumlah segelas air

AYO BACA : 5 Makanan Organik yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh dehidasi. Ketika tubuh kekurangan air, volume darah dalam tubuh akan turun dan tekanan darah naik.

Cara mengatasinya, minumlah segelas atau 2 gelas air setiap kali merasakan gejala hipertensi. Kemudian tunggulah beberapa menit.

4. Rendam kaki dalam air panas

Merendam kaki dalam air panas atau hangat bisa membantu menarik darah turun ke kaki. Tekanan darah pun perlahan akan kembali normal.

Caranya, ambil isi ember atau baskom dengan air panas yang masih bisa ditoleransi. Lalu rendam kaki dan tangan dalam posisi duduk. Jangan lupa kompres bagian belakang leher menggunakan es.

5. Akupresur

Titik akupresur paling efektif untuk perawatan tekanan darah tinggi. Caranya, letakkan kedua ibu jari di pangkal tengkorak Anda. PIjatlah perlahan selama 2 menit agar sakit kepala akibat darah tinggi jauh lebih baik.

AYO BACA : Cara Atasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dengan Teh Daun Kelor

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers