web analytics
  

Mulut Kering Tanda Terkena Virus Corona Covid-19?

Selasa, 5 Mei 2020 13:25 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Selain demam tinggi dan batuk, beredar kabar yang menyebutkan mulut kering termasuk tanda-tanda terjangkit virus corona penyebab Covid-19. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Selain demam tinggi dan batuk, beredar kabar yang menyebutkan mulut kering termasuk tanda-tanda terjangkit virus corona penyebab Covid-19.

Menurut NHS dilansir dari The Sun, mulut kering bukan suatu pertanda kondisi yang serius. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki mulut kering.

Adapun faktornya termasuk bernapas melalui mulut di malam hari, minum ibat-obatan tertentu, kecemasan atau perawatan kanker. Selain itu, mulut kering juga bisa terjadi akibat dehidrasi, yang bisa jadi akibat sakit.

AYO BACA : Agar Terhindar dari Serangan

Jika Anda mengalami mulut kering yang diserta demam tinggi dan batuk, Anda disarankan tetap tinggal di rumah selama 7 hari setelah gejala dimulai.

Jika Anda tinggal bersama orang lain, Anda perlu mengisolasi diri sendiri di ruang khusus dan orang yang tinggal satu rumah juga tidak boleh bepergian selama 14 hari.

Sementara itu, bagi Anda yang mengalami mulut kering tanpa gejala virus corona Covid-19, Anda tak perlu khawatir karena itu mungkin tak ada hubungannya dengan infeksi virus corona Covid-19.

AYO BACA : Sudah Sikat Gigi tapi Tetap Bau? Ini Penyebab dan Solusinya

NHS telah menguraikan sejumlah metode untuk mengatasi mulut kering, termasuk minum banyak air sepanjang hari dan selalu menyimpan air minum di samping tempat tidur ketika malam hari.

Anda juga disarankan mengisap es batu untuk mengatasi mulut kering. Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula atau mengisap permen bebas gula juga bisa mencegah mulut kering.

Adapun gejala umum infeksi virus corona Covid-19 yang perlu diwaspadai adalah batuk kering bersisten, demam tinggi, batuk yang memburuk setiap harinya hingga sesak napas.

Jika mengalami salah satu gejala virus corona Covid-19 di atas, Anda perlu mengarantina diri agar tidak menularkan virus ke orang lain.

AYO BACA : Main Ponsel di Toilet Berpengaruh terhadap Kesehatan Anda

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers