web analytics
  

Ingin Lelang Tepat Waktu, UKPBJ KBB Gelar Roadshow SiRUP

Selasa, 5 Mei 2020 22:37 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Ingin Lelang Tepat Waktu, UKPBJ KBB Gelar Roadshow SiRUP, UKPBJ KBB,Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP),Lelang Tepat Waktu,Pengadaan Barang  dan Jasa

Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP). (kozy.id)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan roadshow ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait regulasi penerapan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) dalam kegiatan Pengadaan Barang  dan Jasa (PBJ).

Kepala UKPBJ KBB, Anni Roslianti menerangkan, SiRUP membuktikan keseriusan pemerintah dalam melakukan reformasi birokrasi dalam kebijakan PBJ. Hal tersebut selaras dengan komitmen pemerintah yang ingin menerapkan e-Gov dalam rangka mewujudkan GCG (Good Corporate Governance).

"Melalui aplikasi yang berbasis secara elektronik, PBJ diklaim dapat lebih cepat, pasti, transparan dan akuntabel," katanya.

Anni menerangkan, keseluruhan tahapan PBJ yang dimulai dari perencanaan, persiapan hingga pelaksanaannya, telah dibangun oleh pemerintah dengan pendekatan sistem berbasis teknologi informasi. 

"Perubahan paradigma PBJ yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semakin mendorong terwujudnya value for money atas hasil PBJ, dan tidak lagi menjadikan harga termurah sebagai tolok ukur efektivitas PBJ," terangnya.

Penyusunan Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada aplikasi SiRUP, merupakan bentuk diterapkannya proses PBJ yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai tahapan awal dalam perencanaan pengadaan dan memiliki peranan penting dalam percepatan pelaksanaan PBJ Pemerintah. 

Aplikasi berbasis Web (Web Based) yang fungsinya sebagai sarana atau alat untuk mengumumkan RUP dan sarana layanan public terkait RUP sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses secara langsung Pengadaan Barang/Jasa secara Nasional. 

"RUP adalah kegiatan yang terdiri dari identifikasi kebutuhan barang/jasa yang diperlukan, penyusunan dan penetapan rencana penganggaran dengan penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK)," terangnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers