web analytics
  

Cincin Bisa Jadi Sarang Virus, Bagaimana Cara Membersihkannya?

Senin, 4 Mei 2020 10:47 WIB

Penggunaan cincin di tangan dinilai bisa menjadi sarang berbagai virus. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Penggunaan cincin di tangan dinilai bisa menjadi sarang berbagai virus. Bahkan, para profesional medis menghindari pemakaian perhiasan di tangan selama bertugas. Dikhawatir, ada bakteri yang menempel.

"Tidak mengenakan cincin dan menjaga tangan tetap bersih adalah cara untuk mencegah penyebaran infeksi, terutama ketika membersihkan luka bedah sebelum operasi," kata dokter spesialis kulit di Philadelphia, AS, Dr Erum Ilyas.

AYO BACA : Jari Bengkak Karena Cincin, Remaja Bekasi Datangi Damkar

Namun, menurut Ilyas, standar kebersihan bagi masyarakat umum lebih ringan daripada tenaga medis. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cincin bisa bebas dari kuman ketika seseorang mencuci tangan dengan sabun atau penyanitasi tangan atau hand sanitizer.

Namun, di lain sisi, pengguna cincin yang terlalu sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer sangat rentan mengalami iritasi kulit. Alhasil, meski cincin tidak menimbun virus, namun virus sangat mungkin menempel pada kulit yang iritasi.

AYO BACA : Tip Mudah Lepaskan Cincin yang ‘Nyangkut’ di Jari

Pandemi Covid-19 pun dapat menjadi saat yang tepat untuk menyimpan sementara cincin Anda. Masih tidak mua melepas cincin atau gelang? Ada cara mudah untuk membersihkannya secara aman, yakni dengan menggunakan air hangat dan sabun serta sikat gigi.

"Sebelum pandemi melanda di seluruh dunia, kami biasanya merekomendasikan untuk membersihkan perhiasan secara teratur menggunakan air hangat, sabun, dan sikat gigi sebagai aplikator," kata perancang perhiasan di Kate Maller Jewelry, Kate Maller, dilansir laman Today, Jumat (1/5/2020).

Maller mengingatkan agar menggosok perhiasan dengan lembut. Jika gosokan terlalu kuat, dikhawatirkan malah memicu retakan atau goresan pada perhiasan Anda. Selamat mencoba!

AYO BACA : Membaca Karakter dari Letak Cincin di Jari

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers