web analytics
  

4 Cara Jaga Kebersihan Dapur Agar Tak Terpapar Virus Berbahaya

Senin, 4 Mei 2020 08:17 WIB Vina Elvira

Ilustrasi dapur. (Pixabay)

LENGKONGAYOBANDUNG.COM -- Pandemi corona yang tengah terjadi saat ini membuat kita semua semakin sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan di mana pun dan kapan pun. Sejumlah langkah pencegahan kita lakukan untuk menghindari paparan dari virus baru ini. 

Karena kita semua sedang menjalani masa karantina dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kita semakin sering tinggal di dalam rumah.

Dan dapur merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan dan disinggahi oleh barang-barang dari luar rumah, seperti kantong belanjaan dan bahan pokok yang Anda beli di supermarket. 

Itu sebabnya, menjaga dapur agar tetap bersih merupakan prioritas utama untuk menghindari adanya paparan virus di dalam rumah, terutama ketika habis bebelanja bahan pokok ke supermarket.

Melansir dari Swirstler.ndtv (19/4/2020) berikut 4 tip untuk menjaga dapur tetap bersih di era Covid-19 ini:

1. Selalu gunakan air dan sabun

Sabun dan air mungkin terdengar dasar, tetapi itu cara paling efektif untuk mendisinfeksi segala macam virus yang menempel.

Itulah sebabnya, setiap hari, sebelum mulai memasak, Anda harus membersihkan dapur sesering mungkin. Bahkan setelah selesai memasak, disinfeksi dapur dengan cara yang sama.

2. Jangan gunakan dapur dalam keadaan basah

Jangan sekali-kali menggunakan dapur setelah membersihkannya dengan air. 

Anda harus selalu membiarkannya kering terlebih dahulu, setelah membersihkan semua sisi dapur 

3. Bersihkan dapur secara rutin dengan cairan disinfektan

Memang benar air dan sabun bisa membersihkan dapur, tetapi ketika menyangkut virus yang membandel, Anda tetap harus rutin membersihkan area dapur dengan cairan disinfektan. 

Cobalah menakai produk yang mengandung pemutih atau hidrogen peroksida, karena produk tersebut mengandung 70% larutan alkohol.

4. Hindari produk alami untuk membersihkan dapur

Jika Anda berpikir bahwa bahan-bahan alami seperti cuka, garam, dan lemon dapat memberkan hasil terbaik untuk membersihkan dapur, Anda salah.

Mereka mungkin baik untuk melakukan pembersihan dasar, tetapi kemampuan mereka untuk membunuh virus itu tidak terbukti.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers