web analytics
  

10 Makanan yang Bisa Bantu Anda Berhenti Merokok

Minggu, 3 Mei 2020 06:08 WIB

Ilustrasi

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- merokok merupakan kebiasaan yang terbilang sulit ditinggalkan. Padahal banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari rokok.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang gagal berhenti merokok karena belum menemukan cara yang tepat. Nah, ada cara sederhana berhenti merokok yang bisa Anda coba, yaitu dengan mengkonsumsi makanan lezat sebagai pengganti ketika rasa ingin merokok muncul.

1. Kacang

Kacang menjadi salah satu makanan yang paling banyak disukai orang, bahkan anak-anak sekalipun. Bagi Anda yang ingin mulai mencoba berhenti merokok, kacang ini bisa menjadi pilihan sebagai makanan lezat pengganti rokok.

Tidak perlu khawatir akan mengalami kenaikan berat badan dengan cepat, sebab camilan yang satu ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan mudah dicerna di dalam tubuh. Selain itu, rasanya yang gurih dengan banyak pilihan varian rasa tentu tidak akan membuat Anda mudah bosan.

2. Susu

Susu juga bisa menjadi minuman sehat yang membantu Anda berhenti merokok. Berdasarkan hasil penelitian dari Dukes University yang dikutip dari situs Brilio, susu dipercaya bisa menekan keinginan merokok. Susu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi perokok, sebab cairan ini membuat lidah terasa pahit dan terasa berbeda ketika merokok

Kondisi ini bahkan sama untuk berbagai produk olahan susu lainnya, seperti yoghurt dan juga keju. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat ketika mengkonsumsi susu. 

3. Popcorn

Popcorn juga bisa menjadi makanan pengganti rokok yang akan membuat Anda tidak mudah bosan. Olahan jagung ini bisa Anda temukan dalam berbagai rasa yang lezat, mulai dari yang manis, pedas, bahkan hingga yang gurih. 

Camilan ini rendah kalori dan tidak akan membuat berat badan bertambah. Selain itu, Anda juga bisa menemukan popcorn yang sehat dan rendah kalori di pasaran dengan mudah.

4. Coklat Hitam

Siapa yang tidak suka coklat? Makanan populer yang satu ini menjadi salah satu yang paling disukai di dunia. Saat Anda berhenti merokok, mengkonsumsi coklat hitam bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari camilan lezat ini, mulai dari mood yang baik, bahkan hingga kinerja jantung yang lebih maksimal dan stabil.

5. Permen Karet

Permen karet juga bisa menjadi pilihan camilan yang tepat untuk masa-masa awal berhenti merokok. Anda akan sibuk mengunyah dan melupakan rokok dengan lebih mudah. 

Permen karet juga bisa Anda dapatkan dalam berbagai rasa yang unik, mulai dari mint yang segar, rasa buah yang manis, bahkan dalam aroma rempah yang unik. Pilih permen karet dengan rasa yang paling tepat, agar Anda tidak bosan untuk mengunyahnya.

6. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan pengganti rokok yang bisa mengatur sensitivitas di area lidah. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk mengendalikan keinginan merokok, bahkan sekaligus menghilangkannya. 

Anda bisa mengkonsumsi jenis sayuran dan buah-buahan apa saja yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Jika perlu jadikan sayuran dan buah sebagai bekal untuk menemani Anda ketika bepergian. Jadi, ketika rasa ingin merokok muncul, Anda bisa langsung mengkonsumsi sayuran atau buah tersebut.  

7. Daun Mint

Daun mint memiliki rasa yang khas dan bisa memberikan efek tenang dan rasa nyaman bagi tubuh. Anda bisa menjadikan daun unik dan wangi ini untuk mengatasi kebiasaan merokok

Cukup campurkan daun mint pada minuman dan makanan kesukaan, maka cepat atau lambat daun mint akan menimbulkan efek tenang pada pikiran. Hal ini tentunya bisa melupakan rasa ingin merokok.

8. Oat

Oat bisa membantu Anda untuk mengatasi kecanduan dari rokok. Tidak tanggung-tanggung, makanan ini bahkan diklaim bisa menekan konsumsi rokok hingga 50%. 

Untuk hasil terbaik, Anda bisa mengolah makanan ini secara khusus. Campurkan ground oat dengan dua gelas air panas, lalu diamkan selama semalam. Konsumsi olahan oat ini keesokan harinya, tepatnya beberapa jam setelah sarapan.

9. Jeruk

Buah beraroma segar ini disukai banyak orang dan bisa membantu Anda berhenti merokok. Berdasarkan penelitian di Inggris, konsumsi jeruk secara teratur dalam 21 hari bisa membuat 79% perokok aktif mengurangi  kebiasaan merokok, 21% lainnya bahkan bisa berhenti total. Untuk rasa yang lebih segar, Anda bisa mengkonsumsi jeruk ini dalam bentuk jus atau bahkan dimakan secara langsung.

10. Wortel

Hampir sama dengan susu, mengkonsumsi wortel juga bisa memberikan sensasi rasa pahit di lidah para perokok. Sayuran ini juga ampuh mengatasi keinginan merokok, apalagi jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Wortel bisa Anda olah dengan direbus atau bahkan di jus, sehingga rasanya tidak berubah.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers