web analytics
  

Cara Membersihkan Case Ponsel Agar Aman dari Virus dan Bakteri

Minggu, 3 Mei 2020 03:00 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Case HP yang bersih dari virus dan bakteri. (Unsplash/David Švihovec)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Ponsel dan case-nya bisa menjadi sarang virus dan bakteri. Hal itu karena alat komunikasi ini sering dibawa dan digunakan di mana saja. Agar lebih aman, bagaimana cara membersihkan case ponsel dengan baik?

Mengutip Mashable.com, berikut cara membersihkan case ponsel sesuai jenis bahannya masing-masing. Di tengah wabah virus corona, pastikan untuk selalu membersihkan case HP ya.

1. Bahan plastik

Untuk membersihkan case HP yang terbuat dari plastik, kamu perlu menggunakan cairan pemutih, air, spons/kain/sikat gigi, serta sarung tangan. Karena pemutih dapat berbahaya bagi paru-paru dan kulit, gunakan sarung tangan untuk membersihkan case ponsel plastik ya.

Campurkan satu sendok makan pemutih ke wadah air, selanjutnya rendam case ponsel selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, gunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran di sisi yang sulit dijangkau dan spons untuk keseluruhan bagian.

Step terakhir, bilas case HP tersebut lalu keringkan dengan kain dan biarkan selama beberapa jam sebelum kembali digunakan.

2. Bahan silikon

Memiliki tekstur yang lebih lembut dari plastik, kamu dapat membersihkan case ponsel berbahan silikon dengan sabun cuci piring, air panas, spons/kain/sikat gigi, atau jika butuh bisa menggunakan soda kue.

Step pertama adalah dengan mencampurkan sabun cuci piring ke dalam wadang yang berisi air panas. Kemudian, rendam spons ke dalam larutan tersebut sebelum kemudian digunakan untuk membasuh case ponsel kamu.

Gunakan sikat gigi untuk sisi yang sulit dijangkau ya. Jika case ponsel kamu memiliki noda, gunakan soda kue untuk membersihkannya.

Step terakhir adalah dengan membilas case Ponsel tersebut, kemudian keringkan dengan menggunakan kain dan tunggu hingga beberapa jam sebelum kemudian digunakan.

3. Bahan kayu

Membersihkan case Ponsel berbahan kayu memang tidak bisa sembarangan. Pasalnya, bahan ini mudah rusak jika menggunakan bahan-bahan pembersih tertentu atau bahkan saat terkena air.

Untuk membersihkan case Ponsel berbahan kayu, siapkan air, cuka, sabun cuci piring jika diperlukan, botol semprotan, dan kain ya. Langkah pertama adalah dengan mengisi botol semprotan dengan dua bagian air dan satu bagian cuka lalu kocok agar tercampur.

 

Selanjutnya, semprotkan cairan tersebut ke case ponsel lalu usap dengan menggunakan kain yang sedikit dibasahi. Perlu diingat, jangan menyemprot terlalu banyak cairan cuka ini ya.

Langkah terakhir adalah dengan mengeringkan case HP dengan menggunakan kain lalu tunggu selama beberapa saat sebelum kemudian digunakan lagi.

4. Bahan kulit

Case HP dengan bahan kulit menjadi bahan yang paling sensitif, karena itu perlu super hati-hati membersihkan case berbahan ini ya. Sebelum nekat membersihkan case ponsel berbahan kulit, perlu diingat bahwa cara ini bisa saja mempengaruhi warna case.

Bahan-bahan yang bisa disiapkan adalah air hangat, sabun cuci tangan serta kain. Langkah pertama, campurkan air hangat dan sabun cuci tangan dalam wadah. Selanjutnya, celupkan kain ke campuran tersebut hingga dalam kondisi sedikit basah atau lembab.

Kemudian, usapkan kain tersebut ke case HP hingga bersih, kemudian keringkan menggunakan kain bersih atau tisu sebelum kemudian digunakan kembali.

Itu tadi beberapa cara membersihkan case ponsel agar terhindar dari virus dan bakteri. Agar kamu terhindar dari penyakit, taruh sedikit perhatian untuk membersihkan case HP ya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers