web analytics
  
Banner Kemerdekaan

4 Pasien Positif Covid-19 di Kuningan Sembuh

Kamis, 30 April 2020 18:20 WIB Erika Lia

[Ilustrasi] Petugas medis membawa pasien saat simulasi ke Ruang Isolasi Khusus Kemuning Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jumat (6/3/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

KUNINGAN, AYOBANDUNG.COM -- Dua pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kuningan dinyatakan sembuh. Sampai 30 April 2020, total kasus Covid-19 di Kuningan mencapai 1.692 kasus.

Dari jumlah itu, tercatat 6 pasien terkonfirmasi positif. Seorang di antaranya meninggal dunia.

"Per hari ini, jumlah pasien positif yang sembuh 2 orang. Tiga orang masih dalam pengawasan," ungkap juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Kamis (30/4/2020).

Kedua pasien yang dinyatakan sembuh masing-masing berusia 23 tahun dan 44 tahun.

Keduanya terkonfirmasi positif pasca pengambilan swab kali pertama. Pada swab kali kedua dan ketiga, pemeriksaan swab kedua pasien dinyatakan negatif.

Hasil swab negatif berturut-turut menandai kedua pasien sembuh. Rata-rata pasien yang mengalami hal demikian diizinkan pulang.

Selain kedua pasien yang positif berdasarkan pemeriksaan swab, pihaknya pula mendata kesembuhan dua pasien yang dinyatakan positif berdasarkan rapid diagnostic test.

Total pasien positif berdasarkan pemeriksaan rapid sendiri 12 orang. Dari jumlah itu, seorang di antaranya meninggal dunia.

"Dua pasien positif hasil rapid test juga sembuh per hari ini," kata Agus yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan.

Kedua pasien yang dinyatakan sembuh itu, dipastikannya, telah menjalani pemeriksaan swab dua kali. Secara berturut-turut, hasil pemeriksaan swab negatif.

Dengan kondisi itu, tersisa 9 pasien positif hasil rapid test yang masih dalam pengawasan.

"Sehingga total sampai hari ini 4 pasien dinyatakan sembuh," tuturnya.

Dari total 1.692 kasus di Kuningan, tercatat kasus pasien dalam pengawasan (PDP) sejumlah 95 pasien. Dari 95 pasien, 6 kasus di antaranya positif berdasarkan swab dan 12 kasus positif berdasarkan rapid test.

Selain kasus PDP, tercatat pula kasus orang dalam pemantauan (ODP) sejumlah 1.427 orang dan orang tanpa gejala (OTG) sejumlah 170 orang.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers