web analytics
  

Cegah 'Penyelundupan' Pemudik, Polda Jabar Perketat Pos Perbatasan

Kamis, 30 April 2020 16:06 WIB Vina Elvira

Ilustrasi mudik.(Ayobandung.com/Kavin Faza)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- polda jabar akan menerapkan pemeriksaan berlapis di pos-pos perbatasan Jawa Barat. Hal ini berkaitan dengan kabar adanya penyelundupan pemudik oleh jasa transportasi selama PSBB dan larangan mudik berlangsung.

"Kalau penyelundupan ya kita lakukan pemeriksaan sesuai dengan standar. Kalau di pos ini kan berlapis, yang berbatasan dari Jakarta, Bekasi kemudian yang masuk wilayah polda jabar di Cikopo itu kalau yang di tol, jadi kalau misalkan yang dari Jakarta, itu sudah kena berlapis-lapis dia," kata Kabid Humas polda jabar Kombes S. Erlangga kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

Pihaknya tentu akan menindak tegas bagi siapa pun yang terbukti melakukan penyelundupan pemudik di wilayah hukum polda jabar

"Nanti dilihat tingkat kesalahannya, kalau misalnya ada kesengajaan atau ada pertimbangan lain, kita akan melakukan dengan penindakan hukum tegas," ujarnya.

Namun saat ini, polda jabar masih akan tetap mengupayakan tindakan preventif dengan cara sosialisasi dan penghalauan kepada kendaraan yang dicurigai akan melakukan mudik.

Sebelumnya, beredar kabar unggahan status pengguna Facebook yang menawarkan jasa mengantar pemudik di beberapa grup Facebook. 

Diketahui pengguna Facebook tersebut merupakan para jasa transportasi yang terang-terangan menawarkan jasanya dengan cara menerobos penyekatan jalan oleh petugas selama Operasi Ketupat berlangsung.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers