web analytics
  

Simpan Bawang Putih di Pergelangan Tangan Bisa Obati Sakit Gigi?

Kamis, 30 April 2020 13:58 WIB

Menaruh bawang putih di pergelangan tangan bisa redakan sakit gigi ternyata hanya hoaks. (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah orang mungkin memiliki kepercayaan bahwa menaruh bawang putih di pergelangan tangan bisa membantu meredakan sakit gigi. Namun, apakah cara tradisional itu benar-benar mengatasi sakit gigi?

Dokter Jiemi Ardian melalui akun Twitter pribadinya pun membagikan informasi tersebut kepada publik. Dia mengunggah foto seseorang sedang sakit gigi dan merekatkan bawang putih di pergelangan tangan.

Dia mengatakan bahwa meletakkan bawang putih di pergelangan tangan dapat menyembuhkan sakit gigi adalah hoaks. Pada kondisi apapun, pasien harus tetap berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli di bidangnya.

"Hoax medis adalah hoax tersering kedua yang saya dengar, setelah hoax politik (karna pemilu sudah usai, mungkin akan kembali jadi yang pertama) Pakde Bude, kalo sakit gigi ya ke dokter gigi kaya @safirawwww.. Bukan make bawang putih ke tangan. Ini bukan mau ngusir Vampir kan?" tulisnya di Twitter.

AYO BACA : Gigit Kucing, Pria Ini Dilarang Pelihara Hewan Seumur Hidup

Sebenarnya rumor bahwa bawang putih bisa menyembuhkan sakit gigi sudah lama beredar, baik dengan cara diminum bersama garam, mengunyahnya hingga meletakkan di pergelangan tangan.

Tak bisa dipungkiri, banyak orang menggunakan bawang putih sebagai obat alami karena sifat bakterisidanya yang baik untuk pengobatan dan pencegahan berbagai penyakit.

Namun, menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi rasanya hanya omong kosong. Melansir dari Stomatology, jika Anda bisa memastikan bahwa bawang putih mengandung zat analgesik, yakni obat yang biasa digunakan meredakan nyeri mungkin benar jika bwang putih bisa mengobati sakit gigi.

Sayangnya, kemungkinan kecil bawang putih mengandung analgesik. Meskipun bawang putih mengandung analgesik, mungkin sangat sedikit dan tidak sekuat obat-obatan dari dokter.

AYO BACA : 3 Obat untuk Redakan Sakit Akibat Gigi Berlubang

Sebaliknya, sifat antiseptik dalam bawang putih memang sudah diakui sangat baik. Namun, tidak disarankan untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi.

Pengunaan bawang putih berkepanjangan bisa menyebabkan luka bakar pada mukosa mulut dan iritasi tambahan pada pulpa jika ada kontak langsung.

Lalu, bagaimana dengan menaruh bawang putih di pergelangan tangan? cara ini sangat tidak membantu. Seseorang mungkin merasa sakit giginya lebih baik karena dia lebih merasakan sakit di area pergelangan tangannya yang ditempeli bawang putih.

Perlu dipahami, melekatkan bawang putih di pergelangan tangan hanya menghentikan aliran impuls rasa sakit ke otak. Cara ini justru bisa menyebabkan kulit di pergelangan tangan sakit seperti luka bakar.

Padahal kulit yang terbakar akibat bawang putih jauh lebih sakit daripada sakit gigi. Karena itu, orang mungkin tidak akan merasakan sakit giginya lagi.

AYO BACA : Bagaimana Hukum Menyikat Gigi Saat Puasa?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers