web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Dokter Wanita Ini Jadi yang Pertama Laporkan Kasus Covid-19 di Wuhan

Kamis, 30 April 2020 12:31 WIB

Dokter Pertama Laporkan Penemuan Virus Covid-19, Dr. Zhang Jixian. (Xinhuanet.com)

WUHAN, AYOBANDUNG.COM -- Seorang dokter perempuan bernama Dr Zhang Jixian disebut sebagai orang pertama yang melaporkan bentuk baru virus Corona penyebab Covid-19 kepada pemerintah Wuhan.

Mulanya, dokter berusia 54 tahun itu menemui 3 pasien yang terdiri dari sepasang pensiunan dan anak lelaki mereka. Ketiganya menderita "pneumonia misterius" pada 27 Desember. Dr Zhang Jixian kemudian memberikan alarm peringatan kepada badan pengontrol penyakit di distriknya.

AYO BACA : 2 Bulan Lockdown, Rumah Sakit di Wuhan Sudah Tak Rawat Pasien Covid-19

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Dr Zhang Jixian menemukan sifat sangat menular dari penyakit yang tidak diketahui itu hampir sebulan sebelum Wuhan melakukan lockdown yang ketat.

"Saya menemukan penularan dari manusia ke manusia pada saat itu, hanya saja itu tidak terlalu jelas. Misalnya dalam keluarga tiga anak, anak lelakinya tidak tinggal bersama orang tuanya. Dia kembali untuk merawat mereka setelah mereka jatuh sakit dan membawa mereka ke rumah sakit. Keluarga itu memiliki gejala yang hampir sama, karena itu saya yakin ada penularan dari manusia ke manusia," ucap Dr Zhang Jixian kepada majalah Outlook Weekly.

AYO BACA : Pasien Covid-19 Terakhir Sembuh, RS Darurat Wuhan Resmi Ditutup

Ketika keluarga tersebut mulai jatuh sakit, mereka belum lama ini pergi ke pasar Hunan yang sekarang diyakini sebagai asal mula pandemi.

"Saya cukup yakin pada saat itu bahwa itu adalah jenis pneumonia virus, tetapi tidak tahu apa sebenarnya virus itu," tambah Dr Zhang Jixian, seperti dikutip laman The Sun, Kamis (30/4/2020).

Pada hari-hari berikutnya, ia kembali melihat 4 pasien lagi dengan gejala yang sama sehingga ia menyarankan agar mereka dirawat secara terpisah.

Dr Zhang Jixian setuju dengan penanganan Beijing terhadap wabah itu dan menunggu hingga adanya bukti ilmiah tentang penyakit tersebut.

Para ahli di Cina mengkonfirmasi penularan virus dari manusia ke manusia pada 20 Januari, lebih dari 3 minggu setelah Dr Zhang Jixian secara resmi membunyikan alarm peringatan tentang virus baru ini.

AYO BACA : Media Cina Telusuri Pasien Pertama Covid-19

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers