web analytics
  

Wow! 33 Negara Belum Terjamah Virus Corona

Kamis, 30 April 2020 12:19 WIB

Lesotho (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Meskipun hingga kini kasus Covid-19 telah menginfeksi lebih dari tiga juta orang di lebih dari 200 negara dan wilayah dunia, 33 negara belum melaporkan adanya kasus infeksi Covid-19 pada warganya. Namun, hanya karena suatu bangsa belum melaporkan infeksi, tidak berarti belum ada kasus.

AYO BACA : Virus Corona Rusak Bisnis Kongkow Bandung

Sebagai contoh, Korea Utara (Korut) belum melaporkan kasus virus corona, tetapi negara itu berbatasan dengan China, Rusia, dan Korea Selatan (Korsel) yang ketiganya berurusan dengan jumlah kasus yang tinggi. Hal itu mungkin saja telah membuat Korut benar-benar menjadi negara yang sangat rahasia.

AYO BACA : Jangan Bandingkan Liga 1 dengan Negara Lain

Pada 20 April, sebanyak 214 negara dan wilayah dari 247 negara yang diakui oleh PBB, telah mencatat setidaknya ada satu kasus di negara-negara itu. Dari jumlah tersebut, 190 negara mengalami penularan lokal, di mana virus tersebut telah menyebar dalam masyarakat.

Beberapa tren dapat dilihat dengan melihat penyebaran virus corona baru berdasarkan wilayah. Asia secara kasar mengalami dua gelombang penularan yang luas melintasi perbatasan. Sementara di Eropa, banyak negara mulai melaporkan kasus-kasus dalam sepekan dari akhir Februari.

Amerika Latin dan Afrika terlihat bebas virus untuk bulan Januari dan Februari sebelum virus corona menyebar dengan cepat di kedua benua di bulan berikutnya. Lima negara dan wilayah lain telah mengklaim menang melawan virus sehingga didapati nol kasus. Negara itu adalah Anguilla, Greenland, pulau Karibia St. Barts dan Saint Lucia, dan Yaman. Negara-negara itu tidak melaporkan kematian atau pun menyatakan kasus infeksi aktif untuk saat ini. Kasus sebelumnya yang ada sepenuhnya telah sembuh.

Berikut daftar lengkap negara-negara terbebas Covid-19:
- Eropa: Aland Island, dan Svalbard and Jan Mayen Island
- Amerika Latin: Pulau Bouvet, dan South Georgia and the South Sandwich
- Asia: Korut, Tajikistan, dan Turkmenistan
- Afrika: British Indian Ocean Territory, Comoros, French Southern Territories, Lesotho, dan Saint Helena.
- Oceania: American Samoa, Christmas Island, Cocos (Keeling) Islands, Cook Islands, Heard Island and McDonald Islands, Kiribati, Marshall Islands, Micronesia (Federated States of), Nauru, Niue, Norfolk Island, Palau, Pitcairn, Samoa, Solomon Islands, Tokelau, Tonga, Tuvalu, United States Minor Outlying Islands, Vanuatu, dan Wallis and Futuna Islands.

AYO BACA : Bukan Katun, Ini Bahan Terbaik untuk Masker Kain Pencegah Corona

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers