web analytics
  

5 Tip Kecantikan Selama Ramadan, Tetap Tampil Segar Saat Puasa!

Kamis, 30 April 2020 09:20 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, 5 Tip Kecantikan Selama Ramadan, Tetap Tampil Segar Saat Puasa!, cantik, sehat, jerawat, puasa, ramadan, tips cantik ramadan, tips cantik puasa,

[Ilustrasi] Tampil cantik dan segar saat puasa. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan umat Islam di dunia. Di bulan suci ini, selain menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan jiwa dari hawa nafsu, berpuasa juga bisa jadi salah satu sarana merawat tubuh dari dalam dan luar.

Ketika berpuasa, asupan makan menjadi terbatas. Hal ini bisa menghindarkan diri dari asupan makanan berlebih dan tidak sehat. Hasilnya, asupan makanan yang sehat akan memengaruhi kondisi wajah dan tubuh.

Selain itu, asupan makan sehat harus diimbangi dengan perawatan wajah teratur. Duo kombo ini bisa membuat wajah Anda semakin terlihat sehat dan bersinar selama Ramadan.

Melansir dari Cosmopolitanme (27/4/2020), dokter kulit, Dr Lana Kashlan, dan spakar kecantikan, Mimi Rholam Jmean, membagikan 5 tip kecantikan yang bisa dilakukan selama Ramadan:

1. Hidrasi tubuh adalah yang utama

Saat puasa, dehidrasi kerap terjadi. Pastikan untuk minum banyak air setelah makan sahur agar tetap terhidrasi.

AYO BACA : Muncul Tren Kecantikan Alis Kepang, Berani Coba?

Cobalah untuk minum 8 gelas antara berbuka puasa dan sahur. Kemudian, hindari minuman berkarbonasi dan berkafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Perhatikan asupan sahur dan berbuka puasa

Selama berpuasa, cobalah rutin mengonsumsi makanan sehat yang kaya gizi. Lalu, hindari makanan olahan serta tinggi gula yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit seperti jerawat.

Selama Ramadan pun, ada baiknya menghindari makanan asin yang dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Jangan pernah lewatkan perawatan wajah

Dr Kashlan mengatakan, keluhan terbesar pasiennya selama Ramadan adalah kulit kusam dan dehidrasi.

AYO BACA : Ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

“Sangat penting untuk fokus pada pengelupasan kulit yang lembut dan pelembap untuk mendapatkan cahaya terbaik. Untuk wajah, saya sarankan menggunakan glikolat seminggu sekali,” katanya.

4. Selalu gunakan tabir surya

Ketika berpuasa, tubuh cenderung mudah dehidrasi, begitu pun dengan wajah. Karena itu, melindungi wajah dari paparan sinar UV sangatlah penting agar wajah yang sedang dehidrasi tidak semakin parah akibat paparan sinar tersebut.

5. Selagi fokus pada wajah, jangan lupakan kesehatan rambut

Dehidrasi juga dapat memengaruhi kesehatan rambut.

Pakar kecantikan, Mimi Rholam Jmean mengatakan, banyak wanita datang ke salonnya mengeluh tentang rambut kering dan rapuh dan bahkan mengalami kerontokan  selama Ramadan.

“Hidrasi sangat penting. Setelah Anda mengalami dehidrasi, rambut Anda dapat terlihat sehat. Jadi selama Ramadan saya sarankan klien untuk menggunakan sampo dan kondisioner beberapa kali dalam seminggu. Beberapa klien bahkan datang untuk perawatan rambut bergizi," kata dia.

AYO BACA : 5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan dan Kesehatan, Segera Coba!

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers