web analytics
  
Banner Kemerdekaan

6 Langkah Mudah Ubah Kamar Tidur Jadi Tempat Pereda Stres

Kamis, 30 April 2020 09:18 WIB Vina Elvira

Ilustrasi dekorasi kamar. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tidak ada satu pun dari kita yang siap menghadapi situasi saat ini. Pandemi membuat kita terkunci di dalam rumah dan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, terutama bertemu secara fisik dengan orang terkasih. 

Rasa khawatir akan situasi saat ini tentu kerap terjadi. Jenuh, cemas, dan merasa terisolasi bisa membuat energi Anda habis dan tentunya dapat mengganggu produktivitas Anda selama bekerja dan melakukan kegiatan di rumah.

Ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda lalukan untuk mengatasi situasi tersebut, dan menjadikan rumah Anda senagai tempat yang lebih baik. 

Melansir dari Timesofindia (29/4/2020) berikut enam langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah kamar tidur Anda menjadi zona menenangkan dan pereda stres selama masa karantina di rumah:

1. Mulailah dengan seleksi barang di kamar tidur

Karena Anda sedang bekerja dari rumah, dan mungkin ada kalanya Anda bekerja di kamar tidur. Hal ini bisa membuat kamar berantakan dan semrawut, tak jarang keadaan ini bisa membuat Anda semakin stres.

Langkah pertama yang bisa dilakukan kan adalah menja kamar tetap bersih dan rapih. Ruang yang bersih sama dengan pikiran bersih. 

Anda dapat menyimpan semua barang yang tidak dibutuhkan di dalam kardus dan menjauhkannya dari pandangan. Hasilnya, kamar Anda tidak sesak dan mudah untuk dirapikan. 

AYO BACA : Begini Cara Bersihkan Kamar Mandi yang Benar untuk Cegah Corona

2. Simpan tanaman di dalam kamar

Tanaman memiliki efek menenangkan dan juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. 

Menyimpan beberapa tanaman di dalam ruangan juga dapat membuat mata Anda tenang setelah bekerja berjam-jam di depan laptop.

Jika Anda tidak memiliki tanaman dalam ruangan kecil, Anda dapat mencoba menanam biji biji-bijian di dalam botol atau toples. Ingat, biji-bijian ini harus ditanam di atas kapas basah hingga mereka tumbuh. 

3. Lilin aroma terapi

Aroma yang baik dapat membantu menenangkan Anda. Lilin aroma terapi bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk membuat kamar tetap wangi dengan aroma yang Anda sukai.

Selain itu, Anda juga bisa memakai minyak esensial untuk aroma yang lebih kuat dan khas.

4. Ganti sarung bantal secara rutin (utamakan dengan motif sederhana dan warna netral)

AYO BACA : Biru Jadi Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur, Ini Manfaatnya

Penting bagi Anda untuk mengganti secara rutin sarung bantal di tempat tidur. Hal ini tentunya untuk menghindari bakteri yang menempel terlalu lama di atas kasur. 

Tak hanya itu, bila Anda memiliki kebiasaan menggunakan sarung bantal yang terlalu banyak motif dan warna yang ekstrem, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Mulailah memakai warna polos dan netral di kamar untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman.

5. Putar musik instrumental

Mendengarkan musik setelah seharian bekerja dapat membantu Anda untuk bersantai dan rileks. Mainkan beberapa musik instrumental yang menenangkan di kamar yang baru direnovasi, dan rasakan perubahan yang menakjubkan.

Anda juga dapat mencoba beberapa aplikasi meditatif dengan daftar musik terbaik.

6. Ventilasi udara dan cahaya

Biarkan jendela kamar terbuka setidaknya selama satu hingga dua jam di siang hari, untuk membiarkan sinar matahari masuk.

Untuk waktu malam, Anda juga bisa menyalakan lampu dengan kapasitas cahaya rendah untuk menenangkan diri. 

AYO BACA : Nuansa Biru dan Putih Jadi Tren Warna Tata Ruang 2020

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers