web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Evaluasi Sepekan PSBB, Polrestabes Bandung Tutup Sebagian Jalan Buahbatu

Rabu, 29 April 2020 19:42 WIB Vina Elvira

Penutupan sebagian jalan Jalan Buahbatu. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Polrestabes Bandung melakukan penutupan di sebagian Bypass (Jalan Soekarno Hatta) Buahbatu Bandung. Penutupan dilakukan sebagai hasil evaluasi selama sepekan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa check point di Kota Bandung.

“Jadi peru kami sampaikan bahwa penutupan di baypass buah batu ini, dari hasil evaluasi kami selama pelaksanaan PSBB di beberapa check point, jalur selatan ini adalah jalur yang lumayan ramai untuk dilintasi,” kata Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur kepada wartawan, Rabu (29/4/2020).

Bayu menuturkan, penutupan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kendaraan-kendaraan dari jalur selatan memasuki wilayah Kota Bandung. Nantinya, akan diketahui apakah kendaraan tersebut hanya sekadar melintas atau ada tujuan ke pusat Kota Bandung.

AYO BACA : Optimalkan PSBB, Ini Daftar Jalan di Bandung yang Akan Ditutup

“Dengan diadakannya penutupan ini kita akan melihat perputaran arus ini mengarahnya kemana, dan ini akan kita pantau apabila dari arah sealtan ke arah utara kita lakukan penutupan, otomatis nanti kendaraan akan mengarah ke arah timur dan ke arah barat. dari 2 arah ini arah mana yang lebih banyak dituju oleh masyarakat yang dari arah selatan,” tuturnya.

Menurut Bayu, kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan dari luar Kota Bandung, khususnya di wilayah selatan yaitu Kabupaten Bandung. Sebab, dari hasil evaluasi, kata dia, sebenarnya kendaraan yang melintas di seputar Kota Bandung itu sudah mulai berkurang intensitasnya.

“Sampai saat ini kendaraan untuk di seputaran kota bandung sendiri ini sudah mulai menyepi. tetapi kendaraan2 dari luar Kota Bandung khususnya dari wilayah kabupaten ini masih banyak yg memasuki Kota Bandung. Sehingga kita perlu melakukan evaluasi terus kaitannya dengan PSBB ini,” ujar Bayu.

AYO BACA : Tenang! PSBB Bandung Belum Pasti Diperpanjang

Penutupan di Jalan Buahbatu Bandung, terang Bayu, hanya dilakukan sebagian, tepatnya satu jalur dari arah selatan menuju ke utara atau pusat Kota Bandung. Sementara jalur sebaliknya masih dibuka.

“Untuk pengalihan yang dari selatan, ini akan ke arah kiri, ke arah Moch Toha, ataupun nanti ke arah kanan nanti ke Kiaracondong. Kemudian dari jalur-jalur ini juga kan banyak jalur-jalur kecil lainnya dan ini akan kita pantau,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Bayu mengatakan bahwa penutupan ini sifatnya belum permanen. Pihaknya akan memantau terlebih dahulu bagaimana perkembangannya. Sementara ini, diberlakukan jadwal buka-tutup jalur.

“Ini akan dibuka tutup atau permanen, akan kita evaluasi setiap harinya. Sementara ini kita akan mencoba dari pagi sampe siang, siang dibuka. Kemudian nanti sore sampe malem akan kita tutup kembali,” kata dia.

Bayu menegaskan, penutupan Jalan Buahbatu ini dilakukan agar PSBB Kota Bandung bisa semakin efektif dan efisien, bukan semata-mata untuk menyulitkan masyarakat Kota Bandung.

“Intinya bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya bagaimana kita memmutus mata rantai Covid-19 ini sekali lagi ini bukan untuk mempersulit masyarakat. Ini mudah-mudahan bisa terlaksana,” pungkasnya.

AYO BACA : Perketat PSBB Kota Bandung, Waktu Operasional Cek Poin Bisa Ditambah

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers