web analytics
  

7 Kelebihan Digital Marketing Bagi Bisnis Anda

Rabu, 29 April 2020 11:46 WIB A. Dadan Muhanda
Bisnis - Finansial, 7 Kelebihan Digital Marketing Bagi Bisnis Anda, Digital Marketing, Digital Marketing Bandung, Ayo Media Network, digital agency bandung, agency bandung, bandung, pebisnis online bandung, agency terbaik bandung

Ilustrasi digital marketing. (Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 banyak mengubah perilaku masyarakat. Mulai dari belajar secara online di rumah, bekerja secara virtual menggunakan berbagai aplikasi, hingga berbelanja secara online.

Kondisi ini sebenarnya menantang perusahaan untuk juga mulai mengubah cara berbisnis. Jika Anda saat ini masih menggunakan cara-cara jualan tradisional, kini saatnya mulai belajar dan beralih secara online ke digital marketing.

Atau jika sebelumnya Anda masih menggunakan dua cara yaitu online dan offline, maka saat inilah waktu yang tepat mengalihkan seluruh strategi dan bujet pemasaran Anda ke digital marketing.

Dari dari Forbes menunjukkan, 82% konsumen di dunia saat ini melakukan riset online. Dan, Tech Crunch melaporkan 79% orang perkotaan sudah pernah berbelanja secara online.

Jadi bagaimana Anda menjangkau konsumen ini? jawabannya: digital marketing alias pemasaran digital.

Berikut 7 kelebihan digital marketing yang dirangkum oleh tim Ayo Media Network:

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Digital Marketing bisa memperluas target konsumen yang selama ini tidak terjangkau selama melakukan penjualan offline. Dengan strategi dan target yang spesifik, Anda kini bisa menjangkau para calon pembeli baru dari berbagai kalangan dan wilayah sesuai target yang dipilih.  

Banyak platform yang bisa digunakan dalam melakukan penjualan online, mulai dari media sosial, marketplace, website, dan google shop. Dari semua platform yang digunakan, ada banyak fitur yang bisa membantu Anda menetapkan kampanye iklan Anda secara tepat.

2. Mendongkrak Penjualan Secara Cepat

Melalui strategi digital marketing yang tepat, beberapa perusahaan mampu meningkatkan penjualannya hingga tiga kali lipat. Anda juga bisa menambah daftar calon prospek atau calon konsumen (lead) dari kampanye yang dilakukan melalui media digital.

Kami berpengalaman membantu salah satu produsen suplemen kesehatan di Jakarta, dan dalam waktu tiga bulan berhasil meningkatkan kunjungan ke marketplace hingga lima kali lipat, dengan tingkat konversi 25%.

3. Lebih Terukur

Dalam iklan tradisional melalui surat kabar atau majalah, produsen sulit mengukur keberhasilan sebuah kampanye.  Inilah kelebihan digital, semuanya serba terukur. Setiap strategi yang digunakan bisa diukur dan dipantau secara langsung efektivitasnya.

Analitik pemasaran digital membuat perkiraan untuk menentukan target pemasaran Anda benar-benar berfungsi. Dengan mengukur kampanye pemasaran digital Anda secara waktu nyata, Anda dapat melihat strategi mana yang berfungsi dan mana yang tidak.

Kemudian, Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda untuk kesuksesan yang lebih besar. Anda juga dapat mengambil wawasan yang Anda peroleh dari proses untuk meningkatkan kampanye di masa mendatang.

4. Menentukan Pembeli Ideal

Anda pengusaha sepatu sneaker lokal di Bandung, dan berencana memperluas jangkauan Anda ke Jawa Tengah. Kemudian Anda bisa menentukan kampanye dan sasaran berdasarkan karakteristik dan sasaran seperti: rentang usia 15-30 tahun, berdasarkan hobi, dan berdasarkan lokasi yang banyak ditempati usia muda.

Dengan pemasaran digital, Anda dapat memastikan bahwa konsumen yang tepat melihat konten Anda. SEO memungkinkan Anda menjangkau konsumen yang mencari web untuk konten dan topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Sementara bayar per klik, tampilan, dan iklan media sosial memungkinkan Anda menargetkan mereka yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda berdasarkan informasi demografis dan karakteristik umum.

5. Lebih Hemat

Gartnet, sebuah platform digital marketing, melaporkan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka.

Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.

6. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)

Pemasaran digital membawa Anda memasuki area pasar raksasa, di mana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organic.

Data dari Hootsuite, perusahaan analisis media sosial dari Kanada, menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 171 juta orang, dan 98% mengakses melalui handpone atau telepon genggamnya. Pasar yang sangat potensial bukan?

7. Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar

Banyak merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan campaign digital marketing mereka. Para pengusaha menggunakan bermacam-macam saluran termasuk display, iklan video, pengguna media sosial, hingga pencairan di google.

Salah satu manfaat digital marketing yang tepat juga memungkinkan perusahaan kelas skala kecil dan menangah untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Kuncinya adalah strategi dan takik kampanye yang tepat bahkan dengan menggunakan berbagai kata kunci di pencarian termasuk yang digunakan pesaing Anda.

Mesin pencari google atau search engine optimization (SEO) dan SEO lokal membantu Anda menjangkau pembeli yang lebih berkualitas secara online. SEO adalah taktik pemasaran digital kuat lainnya yang menawarkan berbagai manfaat.

Dengan mengoptimalkan konten situs Anda untuk mesin pencari, Anda dapat bekerja untuk menjangkau lebih banyak pembeli online. Menggunakan kata kunci yang relevan yang membantu menjelaskan penawaran produk atau layanan Anda dapat membantu Anda membawa lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs Anda, yang meningkatkan konversi seiring waktu.

SEO tidak hanya untuk bisnis nasional. Banyak konsumen mencari perusahaan lokal secara online, dan pencarian ini pada akhirnya mengarah pada pembelian.

Bahkan, menurut Google, 28% dari pencarian untuk sesuatu di dekatnya menghasilkan pembelian. SEO lokal, atau mengoptimalkan situs web Anda untuk hasil pencarian lokal, juga bisa menjadi taktik pemasaran digital yang berharga untuk bisnis yang beroperasi di lokasi geografis tertentu, seperti toko batu bata dan mortir, restoran, dan bisnis berbasis layanan lainnya.

Itulah 7 kelebihan digital marketing. Jika Anda ingin memulai kampanye menggunakan digital marketing, bisa menghubungi tim Ayo Media Network melalui link berikut http://ayomedianetwork.com/contact.

Whats-App-Image-2020-04-15-at-6-10-57-PM

Ayo Media Network sudah banyak membantu perusahaan skala kecil, menengah dan besar dalam meningkatkan brand dan penjualan melalui berbagai platform digital.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers