web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Doa Saat Susah Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah

Rabu, 29 April 2020 07:15 WIB

Ilustrasi tidur. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Setelah menjalankan ativitas sehari penuh, manusia perlu istirahat dengan tidur. Namun, tak sedikit orang yang mengalami gangguan susah tidur atau insomnia.

Gangguan sulit tidur itu biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kondisi mental, masalah kesehatan, gaya hidup yang tidak sehat dan lingkungan.

Parahnya, insomnia juga bisa berlangsung dalam jangka waktu panjang sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas apa yang dilakukan saat merasa susah tidur?

Dikutip dari NU Online, oleh Alhafiz K menerangkan bahwa sahabat Nabi Muhammad, Zaid bin Tsabit pernah mengalami masalah sulit tidur.

Zaid bin Tsabit disebutkan terjaga di pembaringan, semalaman tidak bisa tidur karena gelisah, sehingga mengadu kepada Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW kemudian menasehati Zaid bin Tsabit untuk mengamalkan doa ketika mengalami masalah susah tidur.

Setelah mengikuti anjuran Rasulullah SAW, Zaid bin Tsabit disebut berhasil menghilangkan kegelisahan yang dialami.

Berikut doa untuk mengatasi susah tidur karena gelisah sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada'atil 'uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta'khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi' laylî wa anim 'aynî.

Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah 'tenggelam', dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers