web analytics
  

[CEK FAKTA] Kim Jong Un Meninggal dan Terbaring di Peti Mati?

Selasa, 28 April 2020 15:49 WIB
Umum - Nasional, [CEK FAKTA] Kim Jong Un Meninggal dan Terbaring di Peti Mati?, kim jong-un, korea utara, komunis,

Konten yang mengklaim Kim Jong Un meninggal dan terbaring di peti mati. (Twitter)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Beredar informasi di media sosial yang mengklaim bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meninggal dunia dan terbaring di dalam peti mati.

Klaim ini, salah satunya, seperti dalam unggahan akun Twitter Mas Piyu ORI atau @mas__piyuuu pada Minggu, 26 April 2020.

Dalam unggahan itu terlihat foto Kim Jong Un terbaring di atas bantal putih dengan selimut merah di dalam peti mati. Akun @mas__piyuuu memberikan narasi sebagai berikut.

"Kim Jong-un Meninggal Dunia Jadi Trending Twitter https://bit.ly/2KAYAK8 #KIMJONGUNDEAD".

1

Konten yang mengklaim Kim Jong Un meninggal dan terbaring di peti mati. (Twitter)

Akun Twitter itu memberikan link yang merujuk pada artikel berjudul "Kim Jon-un Meninggal Dunia Jadi Trending Twitter". Tulisan itu diterbitkan pada situs portal-islam.id pada Minggu (26/4/2020).

Saat tangkapan layar itu diambil, unggahan akun Twitter @mas__piyuuu telah dibagikan 9 kali dan mendapat 29 likes.

Benarkah Kim Jong Un meninggal dunia dan terbaring di peti mati?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Suara.com, informasi yang mengklaim bahwa Kim Jong Un meninggal dunia dan terbaring di peti mati seperti dalam unggahan akun Twitter @mas__piyuuu adalah keliru atau tidak benar.

Dalam suatu forum tertutup pada Minggu (26/4/2020), Menteri Unifikasi Korea Selatan Kim Yeon-chul, yang mengurusi keterlibatan Korsel dengan Korea Utara, mengatakan, pemerintah Korsel memiliki kemampuan intelijen untuk mengatakan dengan keyakinan bahwa tak ada kejadian yang tidak biasa di Korut.

Lalu, penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Moon Chung-in, menegaskan bahwa rumor kematian Kim Jong Un itu tidak benar.

"Posisi pemerintah kami tegas. Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia sedang tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," ujar Moon Chung-in, kepada saluran berita di Amerika Serikat.

Sementara itu, terkait foto Kim Jong Un di dalam peti mati yang diunggah oleh akun Twitter @mas__piyuuu diduga hasil penyuntingan.

Menurut analisis Mirror, Senin (27/4/2020), gambar tersebut sangat cocok dengan foto yang diambil dalam pemakaman Kim Jong-il pada tahun 2011.

Dia merupakan ayah dari Kim Jong Un. Kim Jong-il meninggal dunia karena serangan jantung.

2

Penjelasan CEK FAKTA, Foto palsu Kim Jong Un terbaring di peti mati (Mirror)

Dikutip dari Mirror:

"It seems to be fake however. The image closely matches a photo taken of Kim Jong-il during his funeral in 2011 after he died of a heart attack. The pillow, flower arrangement and angle are all the same. The image has been attributed to both Japanese news network JNN and Hong Kong Satellite Television, although its actual origin is not clear".

Terjemahannya:

"Itu sepertinya palsu. Gambar tersebut sangat cocok dengan foto yang diambil Kim Jong-il saat pemakamannya pada tahun 2011 setelah ia meninggal karena serangan jantung. Bantal, susunan bunga, dan sudut semuanya sama. Gambar tersebut telah dikaitkan dengan jaringan berita Jepang JNN dan Hong Kong Satellite Television, meskipun asal sebenarnya tidak jelas".

3

Penjelasan CEK FAKTA, Foto pemakaman Kim Jong-il (Mirror)

Foto kematian Kim Jong-il yang mirip dalam unggahan akun Twitter @mas__piyuuu bersumber dari Reuters.

Sementara itu, gambar satelit dari pekan lalu menunjukkan kereta khusus milik Kim Jong Un berada di Wonsan, yang mendukung isi laporan itu, menurut 38 North, yakni suatu kelompok proyek pemantauan Korea Utara yang berbasis di Washington.

Meskipun kelompok 38 North mengatakan kereta di gambar satelit itu mungkin kereta pribadi pemimpin Korea Utara, Reuters belum dapat mengonfirmasi hal itu secara independen.

KESIMPULAN

Jadi, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @mas__piyuuu dapat dikategorikan sebagai False Context atau Konten yang Salah.

 

Referensi

https://twitter.com/mas__piyuuu/status/1254192471296356352

https://www.suara.com/news/2020/04/27/134835/pemerintah-korea-selatan-kim-jong-un-masih-hidup-dan-sehat

https://www.mirror.co.uk/news/world-news/fake-picture-kim-jong-un-21933504

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers