web analytics
  
Banner Kemerdekaan

5 Tips Agar Motor Tidak Gampang Dicuri

Selasa, 28 April 2020 14:17 WIB

[Ilustrasi] Mencegah curanmor.(Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Pencurian motor bisa terjadi kapan saja. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk waspada.

Terkait hal ini, dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 tips untuk mencegah terjadinya pencurian motor.

1. Pilah-pilih target

AYO BACA : NMAX Jingle Competition 2020, Bikin Jingle Bisa Menangin Ratusan Juta Rupiah

Motor yang mainstream alias banyak ditemui di jalan biasanya bakal jadi incaran para pencuri. Hal ini terjadi karena onderdil motor tersebut banyak dicari.  Walaupun tak menutup kemungkinan bahwa motor yang anti mainstream juga menjadi sasaran. Oleh karena itu, para pemilik motor wajib waspada.

2. Jangan taruh motor sembarangan

Motor yang paling rentan dicuri adalam motor yang ditaruh di luar pagar. Apalagi di daerah padat penduduk, yang biasanya warga malah kurang menghiraukan hal-hal di sekitar mereka. Ditambah dengan kunci masih menancap di motor, otomatis kendaraan akan menjadi sasaran empuk. Pastikan Anda menaruh motor di tempat yang bisa diawasi.

AYO BACA : Resmi Dipasarkan, Segini Harga All New Nmax 155 Connected/ABS

3. Onderdil yang menggoda

Motor dengan part-part eksotis, sebut saja suspensi upside down, banana swingarm, dan lain-lain akan menjadi incaran para pencuri motor karena part-part tersebut berharga mahal. Jika motor Anda dilengkapi dengan komponen mewah tersebut, ada baiknya untuk lebih waspada.

4. Pengamanan

Walaupun tidak menggaransi keamanan kendaraan anda 100%, selalu tinggalkan motor dalam keadaan terkunci stang. Selain itu, ada beberapa trik lagi agar maling berpikir dua kali sebelum 'menculik' motor, antara lain dengan gembok pelek, gembok rem cakram, atau yang lebih ekstrem, lepas saja tuas koplingnya agar pencuri kesulitan memindahkan motor.

5. Jangan sampai bisa melenggang

Berhasil atau tidaknya pencurian motor bergantung pada apakah pencuri tersebut berhasil menyalakan motor dalam waktu singkat. Jika mereka nekat mendorong motor, atau dalam kasus tertentu, mengangkutnya ke mobil pikap, tentu banyak saksi yang curiga. Karena itu, pastikan kendaraan Anda mempunyai pengaman tambahan.

AYO BACA : Mengintip Spesifikasi dan Harga All New Yamaha NMAX 2020

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers