web analytics
  

[Kuliner Ramadan] Lezatnya Berbuka dengan Es Boba Buatan Sendiri

Selasa, 28 April 2020 13:31 WIB Rizma Riyandi
Umum - Ramadhan, [Kuliner Ramadan] Lezatnya Berbuka dengan Es Boba Buatan Sendiri, minuman boba, usus tersumbat boba, bahaya boba, efek minum boba, boba buka puasa

Ilustrasi (walpaper flare)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bagi banyak orang di Asia Tenggara, minuman bubble atau boba cukup istimewa. Tak ada salahnya berbuka dengan es boba yang segar dan mengenyangkan. Namun, akan jauh lebih hemat bila membuat boba sendiri di rumah. Dikutip dari republika.co.id, berikut resep membuat Boba untuk berbuka puasa:

AYO BACA : [Kuliner Ramadan] Resep Cumi Puyuh Saus Tiram untuk Buka Puasa

Bahan yang diperlukan
1 gelas air mendidih
1 cangkir gula merah tua
2½ cangkir tepung tapioka / tepung

AYO BACA : [Kuliner Ramadan] Cara Mudah Bikin Es Lilin Pasta Cokelat, Cocok untuk Buka Puasa

Cara membuat boba
1. Campur air mendidih dan gula merah dalam panci. Pastikan gula merah meleleh sepenuhnya. Tambahkan tepung tapioka dan aduk sampai merata.
2. Masak adonan dengan api kecil sampai mulai saling menempel dan menyerupai adonan. Gunakan spatula untuk mencegah campuran menempel ke dasar pot dan terbakar.
3. Pindahkan adonan ke permukaan yang bersih, kikis juga sisa makanan di panci. Uleni adonan sampai rata. Kemudian gulung menjadi bentuk memanjang. Potong adonan memanjang menjadi beberapa bagian dan tutupi dengan kain lembab.
4. Ambil satu dari potongan-potongan itu dan gulung hingga berdiameter 1 sentimeter. Memotongnya menjadi potongan-potongan panjang 1 sentimeter.
5. Gulung menjadi bola. Ulangi Langkah enam hingga delapan hingga membuat bentuk mutiara.
6. Tambahkan mutiara mentah ke dalam panci berisi air mendidih dan masak selama 15 menit atau lebih lama (tergantung pada konsistensi yang diinginkan). Pindahkan mutiara ke dalam air es untuk mencegahnya saling menempel.
7. Untuk merebus mutiara dengan gula merah, diperlukan susu, empat cangkir gula merah tua dan 1½ gelas air mendidih
8. Kemudian campur air mendidih dengan gula cokelat gelap dalam panci dan didihkan. Aduk sesekali untuk mencegah campuran menempel ke bagian bawah pot.
9. Tambahkan semua mutiara boba ke dalam campuran gula mendidih. Kemudian didihkan selama 20 menit. Angkat campuran dari api dan biarkan istirahat selama 10 hingga 20 menit.

Racikan teh susu boba
Empat gelas air panas
Delapan kantong teh hitam
Susu pilihan

Cara membuat
Rendam kantong teh dalam air panas dan tunggu sampai dingin hingga suhu kamar. Tambahkan susu dan es sebanyak yang Anda inginkan (preferensi pribadi) kemudian tuangkan mutiara. Viola! Bubble tea buatan rumah dengan mutiara gula merah yang manis dan padat pun siap dinikmati.

AYO BACA : [Kuliner Ramadan] Segar dan Nikmat, Intip Resep Es Teler untuk Berbuka

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers