web analytics
  

68.111 Peserta Sudah Terima Bantuan Kartu Prakerja

Selasa, 28 April 2020 12:19 WIB
Umum - Nasional, 68.111 Peserta Sudah Terima Bantuan Kartu Prakerja, kartu pra kerja, kartu prakerja, berita bekasi, disnaker bekasi, ruang guru

Kartu Prakerja (istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Hingga saat ini sudah ada 8,4 juta orang yang mendaftar kartu Prakerja. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebut jumlah tersebut didapat setelah pendaftaran dibuka sejak 11 April 2020 melalui situs www.prakerja.go.id.

"Kami informasikan bahwa setelah dibuka pendaftarannya oleh Bapak Menko Perekonomian selaku Komite Cipta Kerja pada tanggal 11 April sampai dengan hari ini, jumlah pendaftar lewat situs www.prakerja.go.id mencapai 8,4 juta orang," kata Denni dari Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (28/4/2020).

AYO BACA : Hindari Polemik Kartu Prakerja, CEO Ruangguru Mundur dari Jabatan Stafsus Jokowi

Denni juga mengungkapkan bahwa sebanyak 68.111 orang yang mendaftar pada gelombang pertama sudah disalurkan dananya.

"Mereka ini sudah ditransfer di saldo virtual account masing-masing, senilai Rp 3.550.000," ucap Denni.

AYO BACA : DPR Nilai Kebijakan Pelatihan di Paket Kartu Pekerja Tidak Tepat

Dari jumlah uang yang ditransfer, Denni tak lupa mengingatkan penerima bahwa, ada dana untuk membayar pelatihan-pelatihan yang disajikan pada 8 digital platform yang penyedian program tersebut.

"Dan dari jumlah itu kan ada Rp 1 juta yang didedikasikan khusus untuk membeli pelatihan apapun yang masyarakat inginkan," kata Denni.

Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

Selain itu, dari Rp 3.550.000 juga digunakan untuk insentif usai pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan dan insentif survey kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp 150.000 per peserta.

Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali. Insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan.

AYO BACA : Politisi Demokrat Kritisi Program Prakerja Libatkan Aplikasi Stafsus

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers