web analytics
  

Dapur Umum Cimahi Pasok 800 Bungkus Nasi per Hari Selama PSBB

Selasa, 28 April 2020 06:00 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Dapur Umum Cimahi Pasok 800 Bungkus Nasi per Hari Selama PSBB, Berita cimahi, cimahi hari ini, dapur umum cimahi, gerakan nasi bungkus

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil meninjau operasional dapur umum sebagai garda terdepan program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) selama PSBB di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Senin (27/04/2020). (dok. TP PKK Jabar)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil meninjau operasional dapur umum sebagai garda terdepan program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) dalam rangka bantuan sosial (bansos) kemasyarakatan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Senin (27/04/2020).

Kedatangan istri Gubernur disambut Ketua TP PKK Kota Cimahi Roro Lucyani Priatna, Camat Cimahi Selatan Tuti Hestiantina, serta Ketua Karang Taruna Kota Cimahi Bilal Insan Muhammad Priatna, 

"Gasibu merupakan arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk menjangkau lapisan masyarakat yang tidak tersentuh bantuan pemerintah dan memastikan tidak ada warga yang kelaparan di tengah pandemi Covid-19," ungkap Atalia.

Pada kesempatan tersebut Atalia secara simbolis menyerahkan bantuan untuk operasional dapur umum kepada Ketua TP PKK Kota Cimahi Roro Lucyani Priatna.

Bantuan yang diberikan oleh Provinsi Jawa Barat yaitu uang sebesar Rp1 juta per kecamatan serta satu kuintal beras per kelurahan.

Atalia mengatakan, bantuan berupa uang tunai, sembako dan lainnya dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kota dan kabupaten tidak mampu secara menyeluruh menghilangkan permasalahan pangan ini.

"Oleh karena itu TP PKK Provinsi Jawa Barat, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa, bergerak untuk membuat nasi bungkus tersebut," jelasnya.

Ketua PKK Kota Cimahi Roro Lucyani Priatna menjelaskan, Kota Cimahi mendirikan dapur umum di 3 kecamatan sejak dibelakukannya PSBB di Kota Cimahi pada 22 April 2020. 

Selain dari bansos Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Cimahi, dapur umum tersebut didanai dari swadaya kecamatan serta masyarakat Kota Cimahi dan bantuan dari para donatur.

"Setiap harinya, kita masak dan membagikan 150 bungkus di wilayah Cimahi Utara, 250 bungkus  di Cimahi Tengah, dan 400 bungkus di Kecamatan Cimahi Selatan," ungkap Roro.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers