web analytics
  

Sulit Potong Rambut Sendiri Saat Pandemi? Intip Cara Mudahnya di Sini

Selasa, 28 April 2020 05:45 WIB Nur Khansa Ranawati

Ilustrasi cukur rambut. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Di tengah aturan untuk berdiam diri di rumah demi memutus rantai penyebaran Covid-19, banyak orang yang sudah mulai gerah dengan model rambut masing-masing.  Namun apa boleh buat, saat ini pergi ke salon bukanlah pilihan yang bijak.

Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk memotong rambut sendiri atau membantu keluarga Anda merapikan rambutnya. Dilansir dari The Know, Selasa (28/4/2020), seorang penata rambut sekaligus pemilik salon Bee Sweet di Colorado, Amerika Serikat, Dani Bee berbagi tips untuk 'nyalon' di rumah:

1. Pilih alat yang tepat

Gunting dapur dinilai bukan alat yang tepat untuk menggunting rambut. Anda dapat memilih untuk menggunakan gunting yang biasa dipakai untuk kerajinan tangan, atau gunting kecil jenis fingernail.

2. Pertimbangkan keamanan

Ingatlah bahwa Anda menggunakan benda yang tajam untuk menggunting rambut. Jangan gunakan gunting terlalu dekat dengan telinga Anda.

3. Jangan paksakan mengganti model rambut

Dani menyarankan agar Anda tidak melakukan perubahan model rambut yang drastis saat ini. Cobalah untuk melakukan trim atau hanya memotong ujung-ujung rambut Anda agar tampak lebih rapi.

4. Luangkan banyak waktu

Bila Anda ingin memotong rambut sendiri, pastikan Anda memiliki waktu luang yang cukup dan jangan bertindak terburu-buru. Pasalnya, memotong rambut membutuhkan kesabaran dan konsentrasi.

"Selalu lakukan beberapa potongan dan bercerminlah, jangan tergesa-gesa," ungkapnya.

5. Buatlah potongan-potongan kecil

Biasanya, penata rambut tidak akan melakukan satu potongan drastis dan memotong rambut Anda begitu saja dengan lurus. Lebih baik, cobalah untuk mengarahkan gunting pada rambut Anda dan potong sedikit demi sedikit hingga hasilnya rapi.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers